fbpx
KesehatanRagam Bangsa

8 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut. Bisa Bantu Rambut Lebih Tebal Lho

Energibangsa.idMinyak kemiri menjadi salah satu bahan dapur yang kerap digunakan untuk perawatan rambut. Kemiri sendiri memiliki nama latin Aleurites Moluccanus yang merupakan buah dari pohon kemiri. Berbentuk seperti kacang walnut, kemiri sering disebut sebagai kacang walnut nya Indonesia.

Biasanya untuk mendapatkan minyak kemiri, kemiri harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Cara paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menyangrai kemiri di atas wajan selama beberapa saat sehingga muncul minyak dari permukaan kemiri.

Minyak kemiri sendiri sering dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri sendi, menyembuhkan luka bakar, luka akibat sengatan matahari, luka sayatan, hingga dipercaya dapat meningkatkan kerja sistem imun tubuh.

Sering kali kita mendengar atau bahkan melihat seseorang yang mengoleskan minyak kemiri pada rambut maupun alis untuk membuatnya menjadi lebih tebal. Berikut telah kami rangkumkan mengenai manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit kepala.

Ini dia manfaat dari minyak kemiri, yuk simak :

  1. Membantu untuk mencegah rambut terasa kering

Minyak kemiri memiliki kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang mampu membantu membuat rambut menjadi lebih lembab. Kandungan asam amino dan asam lemak esensial mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala yang membuat rambut tampak terlihat lebih sehat dan tidak kering.

2. Memberi nutrisi pada rambut

Kandungan protein dan mineral yang ada di dalam kemiri dipercaya dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Kebutuhan nutrisi rambut yang terpenuhi ini membuat rambut menjadi terjaga kesehatannya.

3. Mencegah kerontokan rambut

Jika rambut kamu sering diwarnai bahkan sering di bleaching, maka kekuatan rambut akan berkurang dan membuatnya menjadi lebih mudah rontok. Ternyata minyak kemiri dapat bantu untuk atasi kerontokan rambut lho.

Seperti poin sebelumnya, minyak kemiri dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut sehingga akar rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Buat Rambutmu Berkilau..

4. Membuat rambut menjadi berkilau

Asam gamma-linoleic yang terdapat di dalam minyak kemiri dapat memiliki manfaat sebagai conditioner alami untuk rambut, sehingga rambut akan senantiasa terjaga kelembapannya dan rambut akan terlihat lebih berkilau.

5. Mempertahankan pertumbuhan rambut

Protein dan mineral yang terkandung dalam minyak kemiri selain bermanfaat untuk nutrisi rambut ternyata juga bisa membantu untuk mempertahankan pertumbuhan rambut, sehingga rambut akan bisa tetap tumbuh dengan normal dan sehat.

6. Membuat rambut menjadi lebih tebal dan juga lebat

Rambut yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya dapat membuat rambut menjadi sehat dan tumbuh dengan normal. Apabila kondisi tersebut dapat terus bertahan dalam kurun waktu yang lama, maka tidak memungkiri jika rambut akan menjadi lebih tebal dan lebat.

7. Mencegah munculnya ketombe

Selain untuk memenuhi nutrisi rambut yang membuatnya menjadi lebih tebal, lebat dan berkilau, minyak kemiri juga memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya ketombe lho.

8. Menjaga rambut dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari

Mengandung Vitamin E membuat minyak kemiri juga turut serta memberi perlindungan pada rambut dari kerusakan akibat terlalu sering terkena sinar matahari. Vitamin E yang terkandung di dalamnya akan bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas dan tetap menjaga sel membran dari kerusakan akibat sinar matahari.

Minyak kemiri yang terbuat dari bahan alami membuatnya aman untuk digunakan untuk kulit sensitif. Jadi buat kamu yang merasa memiliki kulit yang sensitif tak perlu merasa begitu risau adanya efek samping.

Untuk membuat minyak kemiri, kamu dapat menggunakan beberapa cara seperti:

Dibakar: Bakar biji kemiri hingga berwarna kehitaman, kemudian blender atau dihaluskan menggunakan cobek hingga keluar minyak. Saring menggunakan lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri.

Disangrai: Sangrai kemiri hingga berwarna hitam kemudian tumbuk atau diblender hingga mengeluarkan minyak. Saring menggunakan lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri.

Dioven: Panaskan kemiri di dalam oven selama 15 menit. Setelah itu keluarkan dan dinginkan pada suhu ruangan. Tumbuk biji kemiri kemudian masukkan dalam toples kaca. Jemur tumbukan kemiri tersebut maksimal selama 2 minggu dibawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar.

Selamat mencoba.

[Tata/EB]

Related Articles

Back to top button