Gaya HidupRagam Bangsa

6 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan Ala Selebgram

ENERGIBANGSA.ID – Sobat Energi, liburan tak selalu harus mahal dan mengeluarkan banyak uang, lho. Meskipun dengan low budget, kalian tetap bisa menciptakan liburan yang asyik dan menyenangkan layaknya postingan para selebgram.

Sebelum pergi liburan, lakukanlah riset kecil-kecilan agar semuanya tampak sempurna. Tentukan lokasi liburan yang diinginkan dan jadwal keberangkatannya. Cari tahu mengenai transportasi, penginapan, dan berbagai hal lainnya sebelum melakukan perjalanan.

Supaya liburan menjadi hemat dan menyenangkan, yuk coba terapkan beberapa tips yang telah dirangkum oleh Tim Energi Bangsa di bawah ini.

Cari informasi mengenai lokasi liburan

Sebelum pergi berlibur, hal pertama yang harus dilakukan adalah menetukan kemana akan pergi. Pastikan tempat yang akan kalian kunjungi cocok dengan definisi liburan yang kalian impikan.

[Baca juga: Beribadah dan Belajar Sejarah di Gereja Merah Probolinggo]

Setelah tahu lokasi mana yang dituju, gali beberapa informasi penting seperti penginapan, kuliner, dan trasnportasi. Pastikan ketiga hal tersebut tak menyulitkan perjalanamu.

Berlibur saat low season

Salah satu tips supaya liburan lebih hemat dan nyaman adalah tidak berpergian ketika musim liburan. Selain itu, usahakan berlibur pada hari kerja karena pada saat akhir pekan penginapan menjadi lebih mahal dari biasanya. Manfaat dari berpergian saat low season adalah bisa menikmati serta meng-explore lebih banyak destinasi wisata yang kita tuju.

Buat anggaran biaya

Tahap ini adalah kunci dari liburan yang hemat. Anggaran biaya ini akan mengontrol pengeluaran selama liburan. Pastikan pengeluaran tetap aman pada jalur tidak menyimpang jauh dari daftar yang dibuat. Pastikan juga menyediakan dana darurat apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Manfaatkan teman

Tidak selamanya memanfaatkan teman memiliki konotasi negatif. Jika kalian memiliki teman di daerah yang kalian tuju, maka akan sangat memudahkan liburan hemat kalian.

[Baca juga: Nikmati Bali, Dani Alves dan Istri Terpukau]

Sebagai ganti penginapan, kalian bisa singgah beberapa waktu di rumah teman yang kalian kenal. Untuk para traveller atau backpacker pasti tips ini sudah sangat sering digunakan. Selain menghemat budget, liburan juga bisa jadi ajang menyambung tali silaturahim.

Sharecost

Berbagi biaya pengeluaran adalah cara yang cukup ampuh untuk meminimalisir budget liburan. Dengan adanya sharecost, kalian dapat mengubah beban biaya yang seharusnya ditanggung seorang diri menjadi tanggungan dua orang atau lebih.

Gaya liburan semi backpacker

Liburan ala backpacker dirasa cukup ampuh untuk menekan biaya pengeluaran. Namun, liburan semi backpacker ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki durasi liburan panjang. Tidak direkomendasikan untuk para pekerja kantoran yang hanya libur pada akhir pekan saja.

Selain itu, kalian yang akan melakukan liburan dengan gaya semi backpacker ini harus memiliki mental kuat karena biasanya gaya ini mengusung konsep kemasyarakatan dengan menumpang transportasi yang melintas seperti truk atau mobil bak terbuka. Dengan demikian, nol rupiah akan kalian keluarkan untuk biaya transportasi.

Gimana Sobat Energi, tertarik dengan untuk liburan hemat dan menyenangkan ala Energi Bangsa? Segera berkemas, akhir pekan akan segera datang!

  • Artikel ditulis oleh Siti Nurhayati, Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro.

Related Articles

Back to top button