fbpx
Gaya Hidup

6 Perayaan Malam Tahun Baru Unik di Indonesia, Kota Kamu Ada?

ENERGIBANGSA.ID—Biasanya, orang merayakan malam tahun baru dengan berpesta. Namun di beberapa daerah kalian juga bisa melihat perayaan tahun baru yang unik.

Tidak semua orang hobi berpesta seperti ini. Kebanyakan dari kita mungkin merayakan Tahun Baru di rumah bersama keluarga dan sahabat. Sebagian juga berjalan-jalan di pusat keramaian kota sambil menunggu pergantian tahun.

Untuk menghibur masyarakat, pemerintah daerah juga mengadakan acara hiburan. Beberapa bahkan rutin mengadakan acara tradisional dan festival yang dirayakan berhari-hari.

Perayaan Tahun Baru di 6 Kota

Dilansir dari rukita.co, kita simak yuk daerah-daerah yang merayakan malam tahun baru.

1.Jakarta – Acara pemda dan pesta kembang api di Ancol

Ada dua acara Tahun Baru besar yang selalu diadakan di Jakarta selain pesta-pesta di hotel dan bar.

Perayaan yag dibuat oleh Pemerintah DKI Jakarta di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat – MH Thamrin – Bundaran HI – Jalan Jendral Sudirman sampai Dukuh Atas.

Event ini termasuk nikah massal, bazaar UMKM, dan penampilan live music.

Di Ancol pengunjung akan dihibur oleh penampilan dari musisi Indoensia. Selain itu, ada juga pertunjukan kembang api yang dahsyat di tiga lokasi: Beach Pool, Pantai Karnaval, dan Resort Mermaid selama 15 menit.

2.Dieng – Festival Lentera Bukit Sekunir

Banyak wisatawan mengunjungi Bukit Sekunir di Dieng, Jawa Tengah untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Di sini, kalian bisa menikmati keindahan pemandangan di puncak Bukit Sekunir.

Ramainya turis biasanya dimulai saat libur Natal dan puncaknya pada saat malam Tahun saat diadakan festival peluncuran 1.000 lentera. Orang akan menerbangkan 1.000 lentera ke langit.

Cahaya lentera diterbangkan ke langit malam Dieng akan meninggalkan kesan romantis. Festival ini sebenarnya menggantikan Festival Lilin yang biasa diadakan di Danau Cebong.

3.Solo – Car Free Night

Penyalaan kembang api dilarang di Kota Solo. Sejak tahun 2018, ada segmen yang  paling tunggu yaitu pemukulan gong dan sirene. Perayaan pergantian tahun ini diberi nama Car Free Night Solo.

Dari Jalan Slamet Riyadi dari Purwosari sampai Gladag akan ditutup total. Biasanya terdapat panggung untuk penampilan seni. Maklum, Solo memiliki banyak kesenian daerah. Sehingga kalian akan melihat banyak kesenian tradisional.

Pesta pergantian tahun akan menampilkan berbagai penampilan seni tradisional, tarian, penampilan musik jazz, gamelan, keroncong, perkusi, wayang, hingga musik religi. Puncaknya tentu pemukulan gong oleh Walikota Solo tepat pukul 00.00.

4.Yogyakarta dan Magelang – Perayaan Tahun Baru di Malioboro dan Borobudur

Jogja adalah kota yang paling tepat untuk merayakan Tahun Baru. Orang-orang akan menunggu pergantian tahun di Alun-alun Utara di Keraton Yogyakarta dan sepanjang jalan Malioboro.

Kalian juga bisa menikmati pertunjukan wayang kulit di depan Gedung DPRD Yogyakarta. Uniknya lagi, wayang ini akan dimainkkan semalaman, lho!

Selain di Jogja, kalian bisa pergi ke Candi Borobudur.  Biasanya ada penampilan seni di depan pelataran candi. Acara puncaknya akan ditutup dengan penerbangan lentera.

5.Bali – Denpasar Festival

Denpasar Festival sudah dirayakan sejak tahun 2018 untuk menyambut Tahun Baru.

Biasanya, perayaan malam Tahun Baru diadakan pada tanggal 31 Desember. Namun festival ini sudah dimulai sejak tanggal 28 Desember.

Lokasinya berada di area Patung Catur, Jalan Gajah Mada. Adapun lokasi utama tersebut ada di Pasar Utara yang merupakan titik kilometer-0 Denpasar. Daerah ini disebut sebagai zona multikultural selama puluhan tahun.

Ratusan seniman akan berpartisipasi dalam festival seni dan budaya ini. Puncak dari festival ini adalah “The Masked Parade” yang diikuti oleh ratusan pelajar di Bali.

Acara ini dibuat untuk menunjukkan Denpasar sebagai kota pintar, kreatif, dan berbudaya. Selain penampilan seni tradisional akan ada pameran, fashion show, seminar, dan bazaar.

6.Toraja – Lovely Desember Toraja

Lovely Toraja atau Lovely December adalah perayaan Tahun Baru di Indonesia yang wajib dikunjungi karena diadakan sepanjang bulan Desember. Berbagai acara dan event diadakan dari tanggal 1 Desember sampai 31 Desember.

Banyak sekali acara dan festival yang diadakan dari acara besar ini. Di antaranya Getaran Sukma Suci untuk Natal, Festival Kopi, Festival Kuliner, dan berbagai event Natal lain.

Pada saat tahun baru, Lovely Toraja akan mengadakan pertunjukan seni daerah, Ma Barattung, dan pesta kembang api.

Alasan pembuatan festival ini adalah untuk mempromosikan Toraja sebagai ‘objek wisata Bali baru’ dan memamerkan kopinya kepada seluruh dunia. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button