Kesehatan

6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Kulit, Atasi Kulit Kering Hingga Cegah Jerawat

SEMARANG, energibangsa.id – Kunyit sudah terkenal sebagai bahan alami yang bisa membantu mencerahkan kulit. Tak heran banyak produk kecantikan menggunakan kunyit sebagai bahan utama.

Dari 1 ons kunyit, memenuhi 26% kebutuhan harian tubuh terhadap mangan juga 16% kebutuhan zat besi harian. Kunyit juga kaya akan sumber serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, juga magnesium. Jago banget kan kunyit ini.

Berikut manfaat kunyit untuk kulit sehat dan cerah disadur dari Okezone.com

1. Mengatasi kulit meradang

Selain mencerahkan, kunyit juga membantu kulit yang bermasalah karena memiliki manfaat anti-inflamasi juga antibakteri. Dengan ini, kunyit mengurangi kemerahan di kulit juga menenangkan kondisi kulit yang meradang, seperti eksim maupun rosacea.

2. Melawan jerawat

Kandungan antiseptik alami dalam kunyit baik untuk mengatasi jerawat, ditambah kemampuan mencegah penyebaran bakteri membuat bahan satu ini mujarab bagi pejuan jerawat. Bila dipadukan dengan cuka sari apel,dapat berperan sebagai pengganti toner. Namun jangan menggunakan campuran bahan ini secara berkelanjutan karena asam dari cuka apel mampu membuat kulit meradang.

3. Mengurangi lingkaran hitam

Bengkak dan area hitam dibawah mata akibat sirkulasi yang buruk dapat diatasi dengan bahan yang satu ini. Courtney Chiusano membuktikan bahwa kunyit merupakan agen anti-inflamasi dan pencerah juga merangsang adanya sirkulasi. Top banget deh!

4. Melindungi dari kerusakan & penuaan akibat sinar matahari

American Academy of Dermatology (AAD) menunjukkan bahwa skincare dengan kandungan kunyit memiliki kemampuan untuk memperbaiki tampilan garis-garis halus dan bintik-bintik coklat dan juga membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit karena paparan sinar UV jangka panjang.

5. Mengurangi munculnya stretch mark

Hayo siapa yang punya stretch mark? Buat kamu yang sedang berusaha mengurangi stretch mark dapat memanfaatkan kunyit,lho! Kunyit memiliki kekuatan antioksidan untuk menembus dan meningkatkan fungsi sel membran kulit, yang akan membantu mencegah dan mengobati stretch mark. Para ahli pun merekomendasikan untuk membuat pasta penyembuhan stretch mark sendiri dengan satu sendok makan minyak zaitun extra virgin, satu sendok teh kunyit, dan perasan irisan lemon (sekitar seperdelapan buah). Gosokkan campuran ini ke area yang terkena dua kali sehari.

6. Menenangkan kulit kering

Kemampuan kunyit dalam melembabkan dan merevitalisasi kulit secara mendalam dapat mengurangi gejala kekeringan. Selain itu, rempah berwarna kuning ini mempercepat proses pengangkatan kulit mati secara alami. Tak heran bila setelah menggunakan ini kulit akan terasa lebih lembut dan sehat, dan jangan lupa kunyit melindungi sel kulit dari kerusakan lebih lanjut. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button