Wisata & Kuliner

6 Bahan Alami Pengganti Micin, Lebih Sehat dan Bernutrisi

SEMARANG, energibangsa.id — Penggunaan micin dalam setiap masakan memang kerap dijumpai. Banyak yang bilang makanan  tanpa micin itu kurang mantap.

Sensasi gurih dan umami yang dibawa micin ke suatu masakan menjadi kenikmatan tersendiri. Sayangnya, image micin di kalangan masyarakat menjadi miring karena merebaknya isu bahwa micin bikin jadi nggak pinter, apa iya?

Namun kini tidak perlu khawatir, beberapa bahan makanan dibawah ini bisa menjadi pengganti micin loh! Tentu bahannya lebih alami dan mengandung nutrisi. Penasaran? Yuk intip.

1. Kedelai

Kedelai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi bahkan nutrisi yang terkandung di dalamnya setara dengan yang terkandung dalam daging loh.

Di Jepang dan Tiongkok kedelai difermentasikan untuk lebih meningkatkan rasa kedelainya. Rasa umami dari kacang kedelai yang difermentasikan lebih mantap daripada rasa aslinya.

2. Daging, Ikan, dan Unggas

Daging-dagingan juga mengandung enzim yang ternyata bisa dipecah menjadi asam amino yang menghasilkan rasa seenak micin.

Dengan menggunakan teknik memasak tertentu seperti memanggang, membakar dan lainnya juga bisa meningkatkan rasa gurih.

Jadi, kaldu dari daging, ikan, maupun unggas itulah yang membuat suatu masakan menjadi lezat dan gurih karena kandungan enzim yang ada di dalamnya.

3. Tomat

Jangan kaget, ternyata tomat juga bisa menghasilkan rasa gurih layaknya icin. Tomat mengandung glutamat yang menghasilkan rasa gurih alami atau umami.

Tomat yang dipanggang akan meningkatkan intensitas rasa gurih sekaligus meningkatkan kualitas rasa masakan.

4. Jamur

Jamur mengandung protein yang tinggi. Jamur juga seringkali digunakan sebagai pengganti daging.

Menghasilkan rasa umami yang identik dengan micin, jamur memang cocok untuk menggantikan peran micin dalam masakan.

Memanggang jamur hingga kecoklatan bisa memperkaya rasa umaminya lho!

5. Garam

Sebenarnya, cukup dengan menggunakan garam pun sudah membuat masakan menjadi sedap. Tanpa perlu menggunakan micin tidak akan mengurangi rasa umaminya.

Menggunakan garam meja yang dibuat secara alami akan lebih meningkatkan rasa.

6. Rempah-rempah

Racikan rempah-rempah yang tepat misalnya bawang putih, merica, kunyit, jinten dan lainnya bisa meningkatkan rasa umami dalam masakan

Kombinasi yang tepat antara rempah-rempah alami itu bisa menggantikan peran micin lho!

Nah, itu tadi beberapa bahan makanan yang bisa menggantikan peran micin. Kamu sudah pernah coba yang mana?

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button