fbpx
Ragam Bangsa

5 Tips Agar “Ospek Virtual” Nggak Kena “Semprot” Senior

ENERGIBANGSA.ID – Penerimaan mahasiswa dan siswa baru bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang semakin tak terkendali. Akhirnya pelaksanaan tes masuk kuliah dan penerimaan peserta didik baru harus menyesuaikan protokol covid-19.

Bulan Agustus dan September, biasanya ramai di kampus dan sekolah menggelar Orientasi Studi Pengenalan Kampus (Ospek). Kegiatan yang wajib dilakukan setelah kamu sah diterima dan akan resmi menjadi bagian keluarga institusi.

Imajinasi tentang ospek dengan tugas-tugas yang lucu, bertemu kakak tingkat yang menyebalkan, dan bentakan senior di ruangan karena salah satu teman kita bikin kesalahan sepele. Namun, covid-19 berkata lain. Ospek daring (tatap muka) diganti ospek daring.

Baca Juga : 10 Rahasia Agar Lansia Tetap Sehat di Era Pandemi

Tapi esensi ospek virtual pun tetap bisa kena “semprot” kakak tingkat meski tidak bertatap muka. Energibangsa.id punya tips, agar kamu tidak kena marah saat mengikuti rangkaian ospek online.  Yuk simak:

1. Harus Ingat Jadwal

Ospek luring berbeda dengan daring. Kalau ospek seperti biasanya kamu bisa diingatkan oleh teman sekelas atau se kos. Berbeda jika, ospek daring akan bikin kamu kelabakan jika tertinggal siaran via zoom. Nomor gawai kamu akan jadi sasaran senior untuk ditelepon ulang bolak-balik dan kena semprot.

Maka dari itu kamu harus mempersiapkan jadwal ospek di tempat-tempat yang mudah kamu ingat. Misalnya jadikan alarm digawaimu. Sehingga sebelum mulai ospek daring. Kamu memiliki waktu untuk persiapan.

2. Kuota Harus Aman

Ingat ya, ini ospek daring. Kalau kuota paketan atau wifi di rumah kamu habis akan bikin kelabakan. Apalagi saat senior menyampaikan info-info penting, lalu ketinggalan. Sudah tahu apa yang akan terjadi, kan?

Kehadiranmu di dunia maya sangat penting. ‘Nyawa” berupa kuota harus dipastikan tersedia. Kalau beruntung kamu punya koneksi hotspot.

3. Perintah Senior Segera Laksanakan

Ospek daring memang tugas-tugasmu tidak bisa dikontrol secara langsung oleh seniormu.  Keadaan ini bukan menjadi awal kamu untuk berleha-leha karena tak ada pengawas. Percayalah, sekali saja kau mengabaikan tugas di ospek akan membuat kuliahmu kelabakan.

4. Gunakan Pakaian Sopan

Ospek daring memberi kesempatan kamu untuk terlihat dari atas perut hingga kepala. Disarankan kamu jangan menggunakan kaos oblong atau piyama. Sebaiknya mengenakan pakaian yang sudah di atur oleh panitia ospek atau kemeja. Pakaianmu tidak saja dinilai oleh senior tapi teman-temanmu juga lho.

5. Menyapa Senior

Meski hanya sapaan melalui aplikasi live streaming. Setidaknya membuat kamu bisa akrab dengan kakak tingkat jurusan maupun fakultas.

Sehingga ketika sudah waktunya kuliah tatap muka, ngobrolnya bisa langsung nyambung. Hitung-hitung sapaan itu mengurangi jatah marah-marah senior,  lho.

Wahai mahasiswa baru, sudah siapkah mengikuti ospek virtual? Agar tidak kena “semprot” senior, tips energibangsa.id bisa kamu praktekkan. Ciiaww.

Related Articles

Back to top button