fbpx
Wisata & Kuliner

5 Pastry ala Perancis Cocok Nikmati Sore Hari

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Menikmati sore hari  paling enak memang sambil minum teh/ kopi. Namun tidak sedikit orang yang memadukan hal tersebut dengan beberapa makan kecil. Salah satunya ialah kue kering.

Di dunia kuliner kue kering yang digunakan untuk teman minum teh dan kopi disebut juga dengan istilah Pastry yang berasal dari bahasa perancis patisserie.

Pastry adalah salah satu jenis adonan yang biasanya dibuat dari campuran tepung, lemak, dan cairan. Kudapan ini dentik dengan dessert yang di dominasi rasa manis.

Namun pastry juga bisa termasuk sajian-sajian gurih lho seperti sausage brootjes, curry puff, pai daging, dan masih banyak lagi.

“Jenis-jenis pastry kebanyakan crunchy. Tapi kalau kita ditanya sebagai praktisi di bidang pastry, malah saya enggak bisa bilang ciri khas-nya crunchy,” kata Lucky P. Nugraha, Pastry Chef The Jayakarta Suites Bandung, Senin (24/8).

Dilansir dari Masterclass, pastry umumnya dibuat dari campuran tepung, air, dan lemak. Kadang lemak yang digunakan berupa mentega, shorteninga, lemak, atau minyak.

Perbedaan rasio masing-masing bahan tersebut yang nantinya akan membedakan hasil akhirnya, membuat setiap jenis pastry punya karakteristik yang berbeda. Ada yang mudah hancur, sangat lembut, sedikit renyah, atau kosong di bagian tengahnya

Namun pada dasarnya adonan pastry harus ringan, berlemak, tapi cukup kuat untuk menahan bahan isiannya.

Nah pada kesempatan kali ini, tim energibangsa.id mencoba merangkum jenis-jenis adonan pastry yang paling umum ditemukan untuk sobat energi kesayangan.   Berikut ini lima jenis adonan pastry yang paling umum ditemukan:

1. Flaky pastry

kue kering

Adonan pastry yang paling sederhana. Bisa digunakan untuk pai manis atau gurih, quiche, sausage roff, dan turnover.

Adonan ini sangat mudah hancur karena dibuat dengan gerakan tangan yang halus. Ketika membuat adonan ini, mentega yang digunakan harus berukuran kecil dan tidak boleh dikerjakan terlalu keras, maka bisa membuat pastry jadi keras dan kasar.

2. Shortcrust pastry

Pastry

Jenis ini lebih mudah dikerjakan daripada flaky pastry. Biasa digunakan untuk bagian dasar pada kue tart. Adonan ini punya cita rasa manis dan kuat, serta tak beda jauh dengan adonan kue shortbread

3. Puff pastry

kue kering

Pastry jenis ini mungkin jadi yang paling sering kamu temui. Menurut Lucky, puff pastry sering jadi dasar dari banyak menu populer, yakni croissant, curry puff, vol-au-vents, cream horn, dan masih banyak lagi.

Puff pastry punya karakteristik lemak dan udara yang terjebak di antara lapisan adonan yang menghasilkan lapisan yang lembut, berlapis, dan renyah. Pastry ini relatif sulit dan membutuhkan waktu lama pembuatannya.

4. Choux pastry

pastry kue kering

Sering juga disebut dengan pate a choux, dibuat dari tepung, air, mentega, dan telur. Teksturnya tebal dan lengket.

Adonan ini tidak menggunakan tambahan pengembang, tapi diaduk bersamaan di atas api sampai terbentuk lapisan yang tebal.

Proses ini menjebak uap di dalamnya, yang kemudian akan terlepas ketika dipanggang dalam oven, dan menghasilkan puff pastry.

Choux pastry punya bagian luar yang renyah dan bolong di bagian tengah yang biasanya diisi dengan berbagai jenis isian aneka rasa dan disajikan sebagai éclair dan profiterole.

5. Filo pastry

kue kering

Jenis ini dibuat dalam bentuk lapisan yang begitu tipis dan biasa jadi casing untuk berbagai sajian manis dan gurih seperti baklava atau borek di kuliner Timur Tengah dan Balkan.

Demikian sobat energi 5 jenis Pastry ala Perancis yang cocok jadi teman minum teh/kopi. Kira-kira Sobat Energi tertarik ga nih untuk nyoba? (dhanti/EB/kompas)

Related Articles

Back to top button