fbpx
Film dan Hiburan

5 Momen Paling Disorot di Industri Perfilman Selama 2020

ENERGIBANGSA.ID—Tahun 2020 meninggalkan sejumlah peristiwa. Termasuk di industri perfilman, sejumlah peristiwa hadir dan menjadi sorotan.

Bahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi itu juga menjadi perbincangan. Pandemi membuat industri film dan tayangan ikut naik daun.

Bicara tentang industri film yang tengah bergejolak, sejumlah film dalam dan luar negeri sudah melakukan produksinya meski di tengah pandemi.

Mereka berpacu dan berlomba dengan waktu untuk dapat membuat film yang selesai sesuai jadwal usai mengalami penundaan tayang.

Di Indonesia sendiri, aturan diterapkan di lokasi syuting. Mereka mengkarantina pemain hingga kru agar tak keluar dari lokasi pengambilan gambar selama syuting berlangsung.

Meski pandemi dan bioskop berhenti menayangkan film, namun masyarakat tidak kekurangan hiburan. Banyak film lokal yang juga menjadi perhatian dengan kisahnya yang menghibur karena lekat dengan kehidupan sehari-hari.

5 Film

Film asal Jogja itu pun sempat menjadi trending. Dilansir dari detikHOT, Senin (28/12), sejumlah hal-hal di dunia film yang jadi sorotan dirangkum disini, simak yuk!

1.Perempuan Tanah Jahanam Rajai FFI

Film Perempuan Tanah Jahanam karya Joko Anwar mendominasi ajang Festival Film Indonesia tahun 2020. Film ini masuk dalam jumlah nominasi terbanyak yaitu 17 nominasi.

Joko Anwar, sutradara Film Perempuan Tanah Jahanam menilai pencapaian ini adalah apresiasi bagi para tim di balik film ini.

Tidak banyak film horor yang mendapat ruang di ajang penghargaan film. Hal ini menjadi pencapaian tersendiri bagi Joko Anwar.

“Ini nominasi Piala Citra terbanyak sepanjang sejarah Indonesia. Ini juga membuktikan bahwa film apapun genre-nya, termasuk horor, bisa dikerjakan secara sungguh-sungguh menghasilkan hasil yang baik,” tuturnya.

Film tersebut merupakan film yang skripnya ditulis Joko Anwar sejak 10 tahun lalu sebelum dirilis di 2019.

2.Perempuan Tanah Jahanam Menuju Oscar

Tahun ini Perempuan Tanah Jahanam kembali menuai deretan pencapaian. Selain berhasil memenangkan Piala Citra, film ini juga dicalonkan ke kompetisi ajang penghargaan Oscar 2021.

Keputusan tersebut disepakati oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2020 yang diketuai oleh Garin Nugroho.

Penetapan ‘Perempuan Tanah Jahanam’ sebagai film yang diusulkan untuk ikut serta seleksi Oscar 2021. Itu juga disepakati oleh sejumlah anggota dari kalangan perfilman lain di antaranya Alim Sudio, Benni Setiawan, Chand Parwez Servia, Deddy Mizwar hingga Ilham Bintang dan Widyawati.

‘Perempuan Tanah Jahanam’ juga dinilai memiliki warna tersendiri yang khas dari tangan Joko Anwar dipadukan dengan unsur estetika dan syarat menghibur yang mesti dimiliki oleh setiap film.

3.Film Pendek Tilik Viral

Tilik menjadi sorotan di tahun 2020 ini. Film pendek ini masuk dalam film Indonesia yang juga masuk di daftar Year in Search 2020 Google.

Berdurasi 32 menit 34 detik, film ini tayang di YouTube mulai Agustus lalu. Film Tilik juga sudah mengikuti ke berbagai festival di antaranya Jogja-Asian Netpac Film Festival (JAFF) hingga festival film di Amsterdam.

Film ini menceritakan segerombolan ibu-ibu yang melakukan perjalanan dengan menaiki truk untuk menjenguk bu Lurah.

Yang menjadi perhatian yakni bagaimana film ini merangkai kisah dari para ibu-ibu ini selama melakukan perjalanan di atas truk tersebut.

Mereka membicarakan salah seorang gadis di kampung mereka tinggal. Tilik dianggap dekat dan mewakili kebiasaan masyarakat yang senang bergunjing alias bergosip.

4.Chadwick Boseman meninggal dunia

Kepergian Chadwick Boseman menjadi kabar yang mengejutkan bagi dunia perfilman Hollywood. Ia dikenal sebagai pemeran superhero Black Panther dari Marvel.

Chadwick Boseman meninggal karena kanker yang diidapnya dan tutup usia di umur 43 tahun. Sang aktor didiagnosa mengidap kanker usus besar.

Black Panther merupakan film superhero pertama yang masuk nominasi Best Picture dalam sejarah Piala Oscar.

Dalam Piala Oscar 2018 itu, Black Panther masuk 6 nominasi di antaranya Best Costume Design, Best Production Design, dan Best Original Score.

Selain itu, Black Panther merupakan salah satu film terlaris dalam sejarah.

5.Johnny Depp Dipecat dari Fantastic Beasts karena Kasus KDRT

Aktor Johnny Depp harus merelakan karakternya di film Fantastic Beasts karena kalah di persidangan kasus KDRT. Ia diminta mundur dari perannya sebagai villain utama yakni Grindelwald di Harry Potter.

Meski dipecat dari film Fantastic Beast 3, namun ia masih menerima gaji sebesar 10 juta dollar atau senilai Rp 140 miliar.

Perannya sebagai Grindelwald dalam franchise film tersebut digantikan oleh aktor asal Denmark, Mads Mikkelsen yang dikenal juga sebagai villain dalam cerita Doctor Strange. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button