KesehatanRagam Bangsa

5 Manfaat Mie Shirataki, Cocok untuk Diet!

Energibangsa.id — Mie yang berasal dari Jepang ini berbentuk putih Panjang dan tengah viral dikonsumsi oleh masyarakat yang sedang melakukan diet.

Dalam Bahasa jepang, Shirataki sendiri artinya air terjun putih. Hal ini lantaran shirataki digambarkan tampilannya yang transparan. Mie ini dibuat dengan mencampurkan tepung glukomanan dengan air biasa dan sedikit air jeruk nipis. Tujuannya untuk membantu mie menahan bentuknya.

Campuran tersebut direbus kemudian dibentuk menjadi mie atau potongan mirip nasi. Dalam sejumlah penelitian, serat glukomanan terbukti berperan membantu menurunkan berat badan.

Mie Shirataki mengandung banyak air. Faktanya, mie shirataki mengandung sekitar 97% air dan 3% serat glukomanan. Mie ini juga sangat rendah kalori dan mengenyangkan. Kalori mie yang terasa mirip rumput laut ini di bawah 100 kalori.

Berikut merupakan 5 manfaat mie shirataki yang dilansir pada Healthline:

  1. Tinggi Serat

Glukomanan adalah serat yang sangat kental. Glukomanan dapat menyerap hingga 50 kali beratnya dalam air, seperti yang tercermin dari kandungan air mie shirataki. Mie ini membantu Anda merasa kenyang dan menunda penyerapan nutrisi ke aliran darah. Selain itu, serat kental berfungsi sebagai prebiotik, yang dapat memberi makan bakteri yang hidup di usus besar Anda.

Di usus besar Anda, bakteri memfermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek. Hal ini berfungsi melawan peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. Sebuah penelitian pada manusia baru-baru ini memperkirakan bahwa memfermentasi glukomanan menjadi asam lemak rantai pendek menghasilkan satu kalori per gram serat. Karena mie shirataki 4 ons (113 gram) biasanya mengandung sekitar 1-3 gram glukomanan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Mie shirataki bisa dapat membantu menurunkan berat badan. Serat kental mie menunda pengosongan perut, jadi Anda tetap kenyang lebih lama dan akhirnya makan lebih sedikit. Nah hal ini sangat baik untuk Anda yang sedang diet. Selain itu, memfermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek dapat merangsang pelepasan hormon usus yang meningkatkan rasa kenyang. Satu review dari tujuh studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi glukomanan selama 4-8 minggu kehilangan berat badan 3-5,5 pon (1,4-2,5 kg).

Dalam studi lain, orang dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi glukomanan setiap hari selama delapan minggu kehilangan 5,5 pon (2,5 kg) tanpa makan lebih sedikit atau mengubah kebiasaan olahraga mereka.

Menurunkan Gula Darah Loo..

3. Dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin

Glukomanan telah terbukti membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan resistensi insulin. Karena serat kental menunda pengosongan perut, kadar gula darah, dan insulin meningkat lebih bertahap karena nutrisi diserap ke dalam aliran darah Anda. Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi glukomanan selama tiga minggu mengalami penurunan fruktosamin yang signifikan, yang merupakan penanda kadar gula darah.

4. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa glukomanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Para peneliti mencatat bahwa glukomanan meningkatkan jumlah kolesterol yang diekskresikan dalam tinja sehingga lebih sedikit yang diserap kembali ke aliran darah Anda.

Sebuah tinjauan dari 14 studi menemukan bahwa glukomanan menurunkan kolesterol LDL jahat dengan rata-rata 16 mg / dL dan trigliserida dengan rata-rata 11 mg/dL.

5. Meredakan sembelit

Banyak orang mengalami sembelit kronis atau jarang buang air besar. Glukomanan pada mie shirataki telah membuktikan manfaat yang efektif untuk sembelit pada anak-anak dan orang dewasa. Dalam sebuah penelitian, sembelit parah berhasil diobati pada 45% anak yang memakai glukomanan. Untuk orang dewasa, suplemen glukomanan meningkatkan frekuensi buang air besar, tingkat bakteri usus yang menguntungkan, dan produksi asam lemak rantai pendek.

Nah, itulah 5 manfaat mie Shirataki, Sobat Energi penasaran ngga untuk mencobanya? Mie Shirataki di Indonesia sendiri bisa di dapatkan melalui toko online atau minimarket, harganya pun sedikit lebih mahal. Namun dengan melihat manfaat mie shirataki seperti bagus untuk diet dan untuk pola hidup sehat. (dhanti/EB/detik)

Related Articles

Back to top button