fbpx
Gaya Hidup

5 Khasiat Bunga Rosella untuk Pengobatan: Bisa Obati Asam Urat dan Ginjal!

ENERGIBANGSA.IDSebagian besar dari kita mungkin belum begitu familiar dengan minuman berbahan dasar bunga. Salah satu bunga favorit yang bisa dikonsumsi adalah Rosella. Itu merupakan tumbuhan yang berasal dari benua Afrika dengan nama latin Hibiscus sabdariffa.

Tanaman yang tergolong tumbuhan perdu ini tidak hanya dipelihara sebagai tanaman hias. Akan tetapi juga memiliki khasiat herbal.

Kandungan vitamin C, kalsium, vitamin A, protein esensial 18 jenis asam amino dan masih banyak lagi yang terkandung di dalam bunga Rosella. Menjadikan tanaman ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya.

1.Menurunkan tekanan darah tinggi

Bunga Rosella baik dikonsumsi penderita darah tinggi atau hipertensi. Kamu hanya perlu menambahkan sebanyak 9,6 miligram atau sekitar tiga kelopak bunga dalam segelas air panas.

Konsumsi rutin selama 4 minggu menghasilkan efek yang hampir sama dengan       mengonsumsi obat hipertensi seperti captopril ( dosis 50 miligram) setiap hari.

2.Obat asam urat dan ginjal

Bunga Rosella membantu kerja ginjal yang berat dalam mengurangi kadar asam urat, natrium, serta kalsium yang berlebih dalam tubuh.

Jika ginjal terus menerus bekerja berat, maka akan berakibat terjadinya gangguan ginjal. Kelebihan zat-zat tersebut akan terbuang bersama urin setelah meminum teh Rosella secara teratur.

3.Mengatasi kanker darah atau leukemia

Melansir dari Rimbakita.com, menurut peneliti Faculty of Agriculture, Kagoshima University, De-Xing Hou menemukan adanya kandungan delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside, antosianin pada bunga Rosella yang ampuh mengatasi kanker darah alias leukemia.     

Cara kerjanya adalah dengan menghambat terjadinya kehilangan membran mitokondrial dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke sitosol.

4.Menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyakit jantung koroner

Menurut Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, kandungan antioksidan pada Rosella terdiri atas senyawa gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin.

Kandungan itu mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit seperti jantung koroner serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

5.Meningkatkan daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh di kondisi cuaca yang berubah-ubah seperti sekarang ini menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Salah satunya dengan mengkonsumsi minuman berbahan dasar Rosella secara teratur. (Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button