Gaya Hidup

5 Kesalahan Menyeduh Teh yang Perlu Kamu Ketahui

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Menyeruput secangkir teh di pagi hari sering dilakukan oleh banyak orang. Untuk mendapatkan racikan yang enak, ternyata terdapat cara-cara supaya mendapatkan racikan teh yang enak dan sehat.

Simak hal-hal berikut supaya tidak merusak kualitas teh dan menghilangkan khasiat kesehatannya.

1. Menggunakan air yang terlalu panas

Menggunakan air yang terlalu panas atau yang mendidih terlalu lama bisa menghancurkan daun teh. Panasnya air bisa menyebabkan teh menjadi kurang manis bahkan cenderung pahit. Hal ini juga pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa air panas juga dapat menghancurkan senyawa yang meningkatkan kesehatan seperti katekin. Jadi, gunakanlah air yang hampir mendidih saat menyeduh teh. Air yang hampir mendidih bisa ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung kecil di permukaan air.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis teh diseduh dengan air bersuhu yang berbeda-beda. Misalnya teh hijau yang harus diseduh antara 80 sampai 85 derajat Celcius. Sementara teh hitam harus 97 derajat Celcius, seperti yang dikutip dari Art of Tea.

2. Tidak menggunakan kembali kantong teh yang sudah diseduh

Selama ini banyak orang yang mempercayai bahwa kantong teh yang sudah diseduh tidak bisa digunakan kembali, karena bisa mengurangi kualitas teh. Padahal itu hanyalah mitos dan merupakan kesalahan saat menyeduh teh yang masih sering terjadi.

Faktanya menggunakan kembali kantong teh yang sudah diseduh dua hingga tiga kali akan memberikan rasa teh yang unik. Rasa unik tersebut tidak akan kamu temukan pada pada penggunaan kantong teh yang pertama. Namun, ada tips tertentu saat menyeduh teh menggunakan cara ini.

Tipsnya adalah jangan biarkan kantong teh kamu mendidih di dalam gelas. Pastikan saat mengeluarkan dari gelas, biarkan kantong teh tersebut dibiarkan hingga air tetesannya mengering. Tips ini mencegah daun teh menjadi pahit. Namun, jika kamu menggunakan kantong teh berkali-kali ekstraksi kafein akan lebih banyak.

3. Terlalu banyak menambahkan campuran

Saat menyeduh teh biasanya banyak orang yang menambahkan campuran tertentu, seperti madu, rempah, susu dan lainnya. Tambahan tersebut dimaksudkan untuk menambahkan rasa tertentu hingga meningkatkan khasiat kesehatan pada racikan teh.

Namun, terlalu banyak menambahkan campuran justru bisa merusak rasa teh itu sendiri. Selain itu, kesalahan saat menyeduh teh yang satu ini juga bisa meningkatkan jumlah kalori dalam teh. Hal ini pernah dibahas oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di Public Health.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa 33% orang minum teh dengan kalori yang tinggi karena sering menambahkan campuran. Lebih lanjut, penelitian ini menyebut bahwa dengan menambahkan campuran bisa meningkatkan jumlah kalori hingga 69 kalori. Peneliti menyarankan untuk menggunakan susu rendah kalori dan sedikit madu.

4. Menggunakan gula dan daun teh terlalu banyak

Kesalahan saat menyeduh teh yang masih juga dilakukan adalah menambahkan gula terlalu banyak. Ini membuktikan bahwa beberapa orang menyukai teh dengan rasa yang terlalu manis. Selain itu ada pula yang menyukai teh dengan teksturnya yang kental.

Karenanya mereka menambahkan daun teh yang terlalu banyak. Faktanya kedua cara tersebut hanya dapat merusak kualitas teh yang diseduh. Melansir dari Easy Health Sport cara menyeduh seperti ini bisa mengurangi khasiat teh yang bisa memberikan relaksasi pada tubuh.

5. Menggunakan air yang berkualitas rendah

Dilihat dari penampilannya, sekilas air terlihat sama. Mulai dari air tanah, air keran, air sulingan hingga air mineral. Namun, tentu jenis-jenis air tersebut memiliki kualitas yang berbeda-beda. Menggunakan air yang berkualitas rendah untuk menyeduh teh adalah kesalahan fatal.

Meracik teh yang baik adalah menggunakan air yang telah disaring. Pasalnya jika tidak disaring, air keran didesinfeksi dengan klorin dan bisa jadi mengandung sedimen, fluorida, dan senyawa lain yang menyebabkan rasa teh jadi buruk.

Kamu bisa menggunakan air mineral saat menyeduh teh. Atau mata air terbaik untuk menyeduh teh itu harus netral dan memiliki pH sekitar 7.

Nah, itu dia 5 hal yang harus diperhatikan saat menyeduh teh supaya racikannya enak dan juga sehat bagi tubuh. (dhanti/EB/detik).

Related Articles

Back to top button