Gaya Hidup

6 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin

ENERGIBANGSA.ID  ̶  Berat badan janin dalam kandungan akan menentukan kondisi pertumbuhan janin.

Oleh karena itu, asupan ibu hamil juga perlu diperhatikan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan USG ditemukan berat badan janin masih kurang, maka perlu memperbaiki pola makan sehari-hari.

Bukan berarti harus makan dengan porsi dobel ya, Bun.

Memilih asupan yang padat gizi akan membantu meningkatkan berat badan janin tanpa berlebihan.

Berikut 5 (lima) jenis makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk menambah berat badan janin selama kehamilan.

Sumber : ChooseMyPlate

1. Susu dan Produk Olahannya

Asupan harian 200-500 ml susu per hari dapat membantu meningkatkan berat badan janin selama kehamilan.

Susu mengandung protein dan kalsium dalam jumlah tinggi, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Susu bisa diminum langsung atau dibuat menjadi smoothie agar terasa lebih segar. Bunda juga bisa mendapatkan manfaat dari susu melalui produk olahannya, termasuk dari keju dan es krim.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan jenis karbohidrat kompleks yang mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, zat besi, tembaga, dan beta-karoten.

Kehadiran antioksidan beta-karoten dalam ubi jalar akan dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh.

Vitamin A sangat penting untuk kulit, tulang, dan mata janin. Ubi jalar juga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

Ubi jalar bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari ditumbuk, dibakar, direbus, atau digoreng.

Sumber : artefinalradio

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan kaya akan zat besi dan protein. Dengan mengonsumsi makanan ini, Bunda akan mendapatkan cukup serat, folat, dan kalsium.

Kacang-kacangan membantu Bunda memenuhi kebutuhan mineral yang tak bisa Bunda dapatkan dari asupan non-vegetarian seperti daging.

Selain itu, kacang juga kaya akan seng, yang membantu mengurangi risiko persalinan yang sulit, bayi berat lahir rendah, atau kelahiran prematur.

4. Jeruk

Dengan segelas jus jeruk segar, Bunda dapat meningkatkan asupan vitamin C, kalium, dan folat dalam tubuh.

Asam folat sangat penting dalam proses kehamilan.

Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian asam folat, Bunda membantu mengurangi risiko janin terkena cacat lahir.

Buah jeruk juga membantu menjaga kesehatan tubuh Bunda secara keseluruhan, menyeimbangkan metabolisme, dan fungsi otot secara keseluruhan.

5. Sayuran Hijau

Sayuran jenis ini sangat baik dikosumsi secara rutin oleh ibu hamil. Terutama di trimester pertama dan kedua, di mana janin sedang tumbuh secara pesat.

Dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, Bunda bisa mendapatkan kalsium, kalium, vitamin A, folat, dan serat harian.

Agar manfaatnya lebih maksimal, Bunda bisa mengolah sayuran berdaun hijau dengan cara direbus atau dikukus.

6. Produk Hewani

Apakah Bunda suka makan ikan? Jika ya, ada banyak manfaat yang bisa didapat terutama dari ikan dengan kandungan asam lemak Omega 3 tinggi seperti salmon.

Selain itu, jenis produk hewani lain seperti daging ayam dan telur juga baik bagi perkembangan janin.

Related Articles

Back to top button