fbpx
PendidikanPojok Bangsa

5 Fakta Madrasah Banat NU yang Bikin Alumninya Rindu

ENERGIBANGSA.ID – Bukan hal yang aneh jika Kudus mendapatkan julukan sebagai kota ilmu, karena ada banyak sekali sekolah berkualitas di sana, salah satunya adalah Madrasah NU Banat Kudus.

Di laman resmi NU, pada 25 oktober 2009 silam, madrasah khusus perempuan ini disebut telah menjadi sekolah percontohan nasional dan ditayangkan secara khusus di sebuah stasiun televisi. Prestasi tersebut diberikan karena keistimewaan dan ciri khas kurikulum yang diajarkan.

Madrasah Banat merupakan bagian dari proses energi muda yang akan menjadi energi bangsa Indonesia.

Karena memahami bahwa keistimewaan Banat tidak akan selesai dibahas dalam seminggu, maka tim energibangsa.id mencoba merangkumnya menjadi 5 fakta tentang sekolah berjuluk MANUBAKU yang bisa bikin alumninya rindu.

1) Sangat Menghargai Guru dan Ilmu

Bagaimana sikap murid-murid terhadap gurunya? Bila murid meremehkan guru, tidak menghormati guru, maka wajar jika ilmunya tidak berkah dan tidak manfaat.

Hadits tentang adzab karena tidak takdzim pada guru selalu didengungkan setiap hari dan setiap upacara. Alumni Banat pasti hafal bagaimana bunyi hadits-nya. Coba sebut dong…

5 Fakta Madrasah Banat NU yang Bikin Alumninya Rindu

2) Pusat Calon Menantu Idaman

Sudah bukan rahasia lagi jika Madrasah yang beralamatkan di Jalan KH M. Arwani Amin Krandon Kudus ini menjadi rujukan dalam mencari menantu solehah idaman mertua.

Hal itu ditengarai karena siswi-siswi di sana diajarkan studi agama dengan level tinggi. Selain patuh pada ajaran agama, taat pada guru, takdzim pada ilmu, apalagi sama ayah-ibumu. Soal kebaikan, mereka ahlinya sami’naa wa atho’naa.

5 Fakta Madrasah Banat NU yang Bikin Alumninya Rindu

3) Pasti Punya Teman di Qudsiyyah dan TBS

Meskipun madrasah Banat, Qudsiyyah, dan TBS berbeda yayasan, namun uniknya 3 madrasah ini seperti memiliki hubungan segitiga emas. Bahkan hampir semua siswi Banat pasti punya relasi dengan dua madrasah khusus lelaki ini.

5 Fakta Madrasah Banat NU yang Bikin Alumninya Rindu
yang penting tetap damai ya, sobat energi

Tapi jika melihat poin-poin fakta sebelumnya, wajar sih kalau siswi dan alumni Banat jadi rebutan siswa atau alumni Qudsiyyah dan TBS. Bermula dari pertemanan itu akhirnya berakhir di pelaminan. Jadi, dulu kamu lebih dekat sama mas TBS atau mas Qudsiyyah, guys? hehehe

4) Pandai Ngaji dan Berbisnis

Filosofi Gusjigang (bagus ahlaq-nya, pinter ngaji-nya, pandai dagang) sangat melekat di siswi dan alumni Banat. Fakta menyebutkan bahwa alumni Banat paska kelulusan selain pinter mengajar juga pinter buka usaha.

5 Fakta Madrasah Banat NU yang Bikin Alumninya Rindu
Banat NU Expo Diserbu Ribuan Pengunjung (nu.online)

Buktinya, setiap tahun ada expo di Banat, alumni Banat selalu rebutan stand bazar dan buka lapak di sana. Ada yang punya bisnis rias, ada yang punya bisnis hijab, ada yang buka bisnis kuliner, catering, ada yang bisnis travel haji dan umroh.

5) Alumninya Disebut Forsikabanu

Jika Madrasah Qudsiyyah punya IKAQ (Ikatan Alumni Qudsiyyah), dan Madrasah TBS punya IKSAB (Ikatan Siswa Abiturien), lantas Madrasah Banat punya apa?

5 Fakta Madrasah Banat NU yang Bikin Alumninya Rindu
nampak pengurus pusat Forsikabanu 2019-2021 dalam pelantikan beberapa waktu lalu

Yak, Banat punya FORSIKABANU yang di semua kota di Jawa Tengah ada pengurus dan anggotanya. Bahkan di Kudus Forsikabanu dibentuk per-kecamatan. Wahhh… benar-benar militan ya. Eh, sobat energi, kamu anggota Forsikabanu mana? (*)

Related Articles

Back to top button