fbpx
Pendidikan

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Sekolah di SMK Swadaya Semarang!

ENERGIBANGSA.ID – Di saat banyak kisruh mengenai rumitnya kebijakan PPDB di jalur sekolah negeri. Nampaknya Anda harus mulai mempertimbangkan untuk mendaftar di SMK swasta.

Selain faktor jalur pendaftaran tidak rumit, pembelajarannya juga disesuiakan dengan peningkatan softskill dan hardskill putra-putri Anda. salah satunya adalah di SMK Swadaya.

Tim redaksi energibangsa.id sempat berkunjung ke SMK yang bermarkas di Jalan Taman Progo Semarang Timur itu.

Berikut adalah alasan kenapa Anda harus mendaftar sekolah di SMK Swadaya Semarang. Yuk, disimak!

1) Memiliki Studio Youtube

sebagai anak muda milenial yang tidak bisa lepas dari gadget, SMK Swadaya Semarang memfasilitasimu dengan laborat yang mendukung aktifitas dan kreatifitasmu di dunia online. Tak perlu repot-repot beli peralatan podcast; speaker, headset, microphone, consender, dan lain-lain, sekolah sudah memfasilitasimu.

“bisnis dan kreatifitas akan menjadi nafas di sekolah ini, karena itu yang akan diajarkan pada peserta didik kami, maka kuncinya adalah memfasilitasi kebutuhan mereka,” jelas Misbahul Munir, yang didaulat menjadi salah satu guru muda penggerak di SMK Swadaya Semarang.

2) Fasilitas PC Spek Dewa

Kalau mau belajar edit video kamu butuh PC yang speknya bagus, prossesornya minimal Corei5 lah, RAM-nya besar, kapasitas kartu grafisnya gedhe. Tapi perlu diingat, PC atau personal computer kayak gitu harganya juga mantep, sob… minimal 12 juta-an lah.

Nah, kabar baiknya, SMK Swadaya Semarang juga telah memfasilitasi peserta didiknya yang mau belajar jadi youtuber dan video editor dengan PC spek dewa tersebut.

“kami memahami bahwa harga komputer untuk video editing itu mahal sekali, dan tidak semua orang tua mampu membelikan anaknya PC semahal itu, maka kami berinisiatif menyediakan PC spek bagus untuk kebutuhan siswa kami,” ujar Fadlul Bashory, ketua Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

3) Kerjasama dengan Trainer Digital Business

Selain lokasi (studio), peralatan PC spek tinggi, SMK Swadaya Semarang juga mendatangkan mentor ahli untuk mengajarkan digital marketing, digital business, dan digital talent untuk peserta didiknya. Wahh.. keren ya!

“sejak mas Menteri Nadiem Makarim membuat kebijakan merdeka belajar dan guru penggerak, kami langsung tancap gas, memperbarui kualitas pendidik dengan menggandeng mitra dari luar,” tukas Arif yang sudah menjabat Kepala Sekolah SMK Swadaya Semarang selama 2 tahun ini.

4) Daftar Sekolah Dapat HP Android

Kalau di sekolah lain kamu gak boleh bawa HP, gak boleh mainan HP, di SMK Swadaya Semarang malah kamu disuruh wajib bawa HP, kalau nggak punya nanti dibeliin! Eits, tapi ada syaratnya ya.

“teknologi sudah sedemikian berkembang, tidak ada yang bisa lepas dari HP, maka kami memilih untuk mengoptimalkan penggunaan HP ke arah yang positif, jadi kurikulum juga sudah disesuaikan agar anak-anak justru bisa produktif dan kreatif dengan HP-nya itu,” ujar Taufik, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan kepada tim redaksi energibangsa.id

5) Setelah Lulus, Auto Beasiswa Kuliah

Meskipun output SMK adalah lulus langsung kerja, tapi SMK Swadaya tidak ingin membatasi peserta didiknya untuk tidak menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Jadi selain disupport dan dilatih untuk layak kerja, lulusan SMK Swadaya juga sudah disediakan jalur beasiswa di beberapa kampus swasta ternama di Semarang.

“kami telah bekerjasama dengan beberapa universitas swasta di Semarang, dan mereka memberikan beasiswa jalur khusus untuk alumni dari SMK Swadaya,” terang Taufik, ketua PPDB bangga.

Taufik menyebut bahwa SMK Swadaya Semarang mulai tahun ini sudah berkomitmen untuk berubah menjadi sekolah yang benar-benar menerapkan pola belajar ala Finlandia.

Jam belajar dibuat lebih singkat, siswa bebas belajar apa yang dia inginkan, tidak menuntut siswa untuk harus bisa semua mata pelajaran, dan akan fokus mengembangkan pada apa yang sudah dikuasai peserta didik.

“intinya kami akan terus berbenah, saya jamin SMK Swadaya akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Wahh, keren ya sobat energi. SMK Swadaya Semarang sudah banyak berubah. Semoga nantinya SMK Swadaya Semarang mampu melahirkan generasi energi muda yang mampu memberi kontribusi positif terhadap bangsa Indonesia.

Related Articles

Back to top button