Kesehatan

4 Jenis Olahraga yang Aman Bagi Lansia

ENERGIBANGSA.ID – Semakin bertambah usia tak dapat dipungkiri setiap manusia membutuhkan olahraga untuk menyeimbangkan kesehatan tubuhnya.

Olahraga tentu baik dilakukan mulai dari usia muda hingga lansia.

Bagi lansia, kesehatan tubuh tentu menjadi salah satu aset penting untuk mencegah dan melawan penyakit, hingga meningkatkan fungsi daya ingat.

Akantetapi, tidak semua jenis olahraga aman bagi para lansia, loh.

Di bawah ini Energi Bangsa rekomendasikan jenis olahraga yang aman bagi lansia yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1. Jalan Kaki

Sumber : istock

Aktivitas berjalan menjadi salah satu jenis olahraga yang tidak membuat tubuh stres dan sangat mudah dilakukan oleh seluruh kalangan usia, mulai dari anak–anak hingga lansia.

Di samping itu, jalan kaki juga dapat memperkuat otot, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker usus besar.

2. Aerobik Air

Sumber : Northern Virginia Magazine

Aerobik air menjadi olahraga populer juga untuk segala usia, terutama lansia.

Berolahraga di air sangat ideal bagi mereka yang memiliki masalah radang sendi dan bentuk nyeri sendi lainnya karena daya apung air mengurangi tekanan pada sendi.

Selain itu, volume air akan menghilangkan mengurangi beban dalam latihan kekuatan.

Latihan aerobik air meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan dengan tekanan minimal pada tubuh.

Gerakan yang dapat dilakukan antara lain jogging air, angkat kaki, dan standing push-up.

3. Yoga Duduk (Chair Yoga)

Sumber : Pinterest

Bila ingin yang lebih tenang, chair yoga atau yoga yang dilakukan dengan duduk di atas kursi menjadi pilihan tepat olahraga dengan risiko rendah.

Hal ini karena lebih sedikit tekanan pada otot, sendi, dan tulang daripada bentuk yoga pada umumnya.

Olahraga ini mampu meningkatkan kekuatan otot, mobilitas, keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.

Manfaat lain yang didapat adalah peserta yoga akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik, tingkat depresi yang lebih rendah, dan rasa sejahtera diri yang lebih baik.

4. Pilates

Sumber : excellentcare.us

Pilates menjadi bentuk latihan low-impact juga yang populer dalam meningkatkan keseimbangan, mengembangkan kekuatan tubuh dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Beberapa gerakan pilates yang bagus untuk orang dewasa yang lebih tua meliputi mermaid movement, side circles, food slides, step ups, dan leg circle.

Itu dia rekomendasi jenis olahraga yang aman bagi lansia karena memiliki risiko cidera yang rendah.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button