Gaya Hidup

4 Bahan Pengganti Santan untuk Memasak, Bisa Jadi Lebih Sehat!

ENERGIBANGSA.ID – Di beberapa menu masakan Indonesia terdapat campuran santan sebagai bahan pelengkapnya.

Santan memang bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh bila tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Mengonsumsi makanan bersantan terlalu banyak bisa menyebabkan masalah pada jantung, asam lambung, serta kadar kolesterol yang meningkat.

Orang dengan masalah tekanan darah tinggi hanya boleh makan makanan bersantan dalam jumlah yang sangat kecil.

Bila tetap ingin mengonsumsi santan, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan bahan pengganti yang lebih sehat seperti di bawah ini.

1. Susu Kedelai

Soybeans and Soy Milk / Sumber : Tips Sehat Tiap Hari

Susu kedelai atau sari kedelai bisa menjadi pengganti santan, bahkan susu kedelai memiliki kandungan lemak yang cukup rendah sehingga lebih aman dan sehat bagi tubuh.

2. Susu Gandum

Sumber : detik food

Ada juga bahan lain yang bisa digunakan untuk menggantikan santan, yaitu susu gandum.

Susu gandum bisa jadi pengganti santan dan memiliki kandungan lebih sehat.

Meski tidak bisa membuat kuah masalah jadi kental seperti santan, namun pada susu gandum terdapat kandungan lemak yang lebih rendah.

Selain itu, saat dipanaskan susu gandum akan memberikan efek busa yang membuat tampilan opor atau masakan lain jadi lebih nikmat.

3. Greek Yoghurt

Sumber : onhealth

Kamu juga bisa menggunakan greek yoghurt untuk menggantikan santan.

Susu fermentasi ini memiliki kandungan yang lebih sehat dengan tekstur yang kental dan rasa asam.

Untuk menggunakan greek yoghurt, kamu perlu melarutkannya dengan beberapa sendok air terlebih dahulu.

Dengan begitu yoghurt tidak akan menggumpal saat dimasak.

4. Susu Almond

Sumber : blopgspot

Alternatif pengganti santan terakhir yang bisa kamu gunakan adalah susu kacang almond.

Susu ini dibuat dari ekstrak kacang almond sehingga bisa jadi pengganti santan dengan efek lebih menyehatkan.

Gunakan susu almond tanpa campuran pemanis dan teman-teman akan dapatkan kandungan kalori yang lebih rendah.

Namun, bila ingin memberikan tekstur lebih kental, kamu perlu menambahkan bahan pengental tambahan seperti larutan tepung maizena atau tepung jagung pada susu almond.

Itu tadi empat bahan yang bisa jadi pengganti santan untuk memasak yang lebih sehat. Selamat mencoba!

Related Articles

Back to top button