Nasional

Top 10 Jurusan Unik yang Hanya Ada Satu di Indonesia

ENERGIBANGSA.ID – Bagi kamu yang saat ini masih bingung menentukan jurusan perkuliahan apa yang harus diambil, maka kamu harus lebih banyak mencari tahu supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Sudah mencari tahu sana-sini tetapi rasanya tidak menarik karena jurusan-jurusan tersebut sudah banyak peminatnya?

Merangkum dari berbagai sumber, kali ini tim Energibangsa.id akan memberikan 10 rekomendasi jurusan unik yang hanya ada satu di Indonesia.

1. Sains Atmosfer dan Keplanetan (Institut Teknologi Sumatera)

Jurusan ini mempelajari tentang tata surya secara lebih spesifik, seperti perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di bumi.

Kajian yang juga ditekankan dalam jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan salah satunya adalah “Cuaca Antariksa”.

2. Astronomi (Institut Teknologi Bandung)

Tidak sespesifik jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, jurusan Astronomi lebih memerlukan ilmu fisika dalam penghitungan dan mempelajari tentang tata surya dan kosmologi (ilmu yang mempelajari tentang struktur dan sejarah alam semesta).

3. Rekayasa Nanoteknologi (Universitas Airlangga)

Bila masuk jurusan ini kamu akan mempelajari materi yang berukuran sangat kecil yang kemudian akan direkayasa sehingga tercipta benda baru yang karakteristiknya sesuai keinginan si pembuat.

Karakteristik tersebut bisa sesuai untuk memenuhi kebutuhan bidang industri medis, energi dan lingkungan.

4. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (Universitas Airlangga)

Masih dari Universitas Airlangga, kampus ini menawarkan jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang hanya satu-satunya di Indonesia.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai hal terkait robot dan kecerdasarn buatan (artificial intelligence).

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana konsep hingga praktik pembuatan robot seperti Siri, Alexa maupun Cortana.

5. Teknik Nuklir (Universitas Gadjah Mada)

Beberapa hal yang difokuskan jurusan ini adalah aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, aplikasi radiasi dan radioisotop di industri.

Selain itu, di jurusan ini juga memfokuskan mempelajari aplikasi yang mendukung radiologi klinik (radiodiagnostik dan radio terapi).

6. Teknik Transportasi Laut (Institut Teknologi Sepuluh November)

Terdapat tiga fokus utama pembelajaran dalam jurusan Teknik Transportasi Laut yakni pelayaran, pelabuhan dan logistik di dunia maritim.

Selain mempelajari hal-hal teknis, hal lain yang juga dipelajari apabila kamu kamu masuk jurusan ini adalah aspek politik, sosial, budaya, hingga pertahanan dan keamanan.

7. Sastra Belanda (Universitas Indonesia)

Bila kamu tertarik dengan seputar negara kincir angin ini, cocok sekali memilih jurusan Sastra Belanda.

Di sini kamu akan belajar tentang negara Belanda mulai dari sejarah, politik, linguistik, hingga kebiasaan dan budaya masyarakat Belanda.

Lulusan jurusan ini diharapkan dapat menguasai pengkajian di bidang bahasa, sastra dan budaya Belanda.

8. Ilmu Keluarga dan Konsumen (Institut Pertanian Bogor)

Fokus utama jurusan ini adalah mengembangkan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen yang bertujuan untuk menangani masalah.

Di samping itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana cara meningkatkan ketahanan dan kualitas keluarga serta pemberdayaan anak.

Wah, cocok banget buat kamu yang punya karakter family oriented, ya!

9. Teknologi Batik  (Universitas Pekalongan)

Sebagai warga negara Indonesia yang wajib melestarikan batik dan mencintai produk lokal, kamu bisa mulai mengembangkan ilmu tersebut melalui jurusan Teknologi Batik.

Di sini, kamu akan diajarkan mengenai filsafat dan budaya batik, teknik serta proses pembatikan, desain digital, kewirausahaan serta lingkungan. Wah, menarik banget, ya!

10. Manajemen Industri Katering (Universitas Pendidikan Indonesia)

Lain hal dengan jurusan sebelum-sebelumnya, jurusan Manajemen Industri Katering cocok sekali bagi kamu pecinta kuliner sekaligus bisnis.

Tentu saja di jurusan ini kamu akan belajar pengetahuan dasar tentang kuliner lokal, nasional, bahkan internasional.

Selain itu kamu juga akan belajar tentang manajemen operasional usaha kuliner, serta perencanaan, pengelolaan, hingga proses pemasarannya.

Related Articles

Back to top button