fbpx
Gaya Hidup

3 Tahapan Memakai Kontur Agar Tak Seperti Pakai Topeng

ENERGIBANGSA.ID–Membuat kontur pada wajah bertujuan membantu menegaskan bagian-bagian wajah dengan menciptakan penampilan tulang pipi yang lebih tinggi dan hidung serta dagu yang lebih tirus.

Ini adalah teknik yang dipopulerkan oleh seniman rias selebriti. Namun dengan produk-produk dan peralatan yang tepat, teknik ini mudah dilakukan sendiri.

Bagian 1

1.Mulai dengan alas bedak yang sesuai dengan warna kulit.

Menggunakan alas bedak yang sama dengan kulit akan meratakan warna kulit dan memberikan dasar yang dapat kamu bentuk ketika membuat kontur menggunakan warna yang lebih terang dan lebih gelap.

Membuat kontur wajah tanpa mengaplikasikan alas bedak terlebih dulu akan lebih sulit, karena warna kulit cenderung menjadi tidak rata. Wajah kamu akan terlihat belang-belang, bukannya halus dan berkontur

Jika kamu kesulitan menentukan warna apa yang harus diaplikasikan, cobalah cocokkan alas bedak dengan kulit leher.

Kulit leher cenderung agak pucat dari pada wajah. Dan mencocokkan alas bedak dengan kulit leher akan membuat wajah tidak terlihat lebih gelap ketika kamu  selesai merias wajah.

2.Pilih alas bedak beberapa tingkat lebih terang daripada kulit

Membuat kontur wajah adalah menegaskan bagian-bagian wajah yang akan ditonjolkan, dan menyamarkan bagian-bagian wajah yang ingin disamarkan.

Untuk produk-produk penegasan wajah, kamu memerlukan alas bedak yang dua tingkat lebih pucat daripada alas bedak dasar.

Jangan gunakan alas bedak terang lebih dari dua tingkat, karena riasan tak akan terlihat natural.

Kamu dapat menggunakan penyamar noda yang berwarna lebih terang atau pemulas mata sebagai pengganti alas bedak.

Ingat, pastikan semua produk berbentuk krim atau tabur; jangan gabungkan keduanya.

3.Pilihlah alas bedak yang warnanya beberapa tingkat lebih gelap daripada kulit

Warna yang lebih gelap akan digunakan untuk menyamarkan bagian-bagian wajah yang tidak ingin kamu perlihatkan.

Kamu akan membuat bayangan yang tepat yang membuat tulang pipi tampak lebih tajam dan dagu lebih tirus.

Jangan pilih warna gelap lebih dari dua tingkat di bawah warna kulit normal kamu. Karena riasan tidak akan terlihat natural.

Bronzer (kosmetik untuk membuat wajah terlihat hidup), pemulas mata berwarna lebih gelap. Atau  penyamar noda berwarna lebih gelap juga bisa digunakan sebagai alas bedak. Ingat, pastikan semua produk berbentuk krim atau tabur, jangan gabungkan keduanya.

4.Milikilah kuas untuk membaur yang bagus

Beberapa warna yang berbeda, maka penting untuk memiliki kuas yang baik. Jika warna-warna yang berbeda tidak berbaur dengan baik, maka riasan akan tampak tidak natural.

Kamu memerlukan kuas alas bedak yang tebal dan besar atau kuas untuk membaur, dan bukan kuas kecil. Carilah kuas dengan bulu natural agar hasil riasan tampak halus.

Jika kamu tidak memiliki kuas, alat terbaik selanjutnya yang bisa digunakan adalah jari tangan.

Kehangatan jari tangan akan membantu riasan membaur dengan halus. Jari tangan akan berguna khususnya ketika kamu  membaurkan alas bedak krim.

Bagian 2

1.Kucirlah rambut

Membuat kontur wajah akan mencapai garis rambut di atas dahi, melewati pelipis, dan turun ke sisi-sisi wajah. Kucirlah rambut sehingga kamu bisa melihat apa yang sedang dilakukan tanpa terhalang rambut.

2.Siapkan wajah

Ketika membuat kontur wajah, Anda perlu mulai dengan wajah bak kanvas kosong. Hapus semua  riasan, cucilah wajah, dan keringkan dengan handuk.

Lakukan pengelupasan jika perlu untuk menyingkirkan sel kulit mati, lalu aplikasikan pelembap.

Biarkan pelembap terserap ke dalam  wajah selama beberapa menit sebelum mengaplikasikan riasan.

Menyiapkan wajah adalah hal yang penting jika kamu menginginkan riasan yang halus dan mulus. Kamu tentu tidak ingin mengalami kesalahan saat membuat kontur wajah, sehingga riasan malah mencoreng wajah atau terlihat kotor.

3.Aplikasikan alas bedak yang senada dengan warna kulit biasa

Gunakan jari tangan atau kuas alas bedak untuk mengaplikasikan lapisan alas bedak tipis ke seluruh wajah, mulai dari bagian atas dahi lalu ke bawah dagu.

Gunakan kuas untuk membaur atau jari tangan untuk membaurkan alas bedak di bawah dagu dan sekitar leher sehingga tidak ada garis yang memisahkan wajah dengan leher.

Kamu  juga perlu mengaplikasikan penyamar noda pada tahap ini. Fokuslah pada lingkaran bawah mata dan noda-noda wajah.

4.Aplikasikan alas bedak tipis

Gunakan alas bedak yang warnanya beberapa tingkat lebih terang daripada warna kulit normalmu.

Gunakan jari tangan atau kuas alas bedak bersih untuk mengaplikasikan sapuan alas bedak sepanjang 1,2 hingga 2,5 cm ke bagian-bagian wajah yang terkena sinar matahari.

Untuk membantu mengetahui bagian wajah mana saja yang terkena sinar matahari, berdirilah di ruangan yang terang dengan lampu. Di bagian atas dan lihatlah di mana cahaya lampu tersebut menimpa bagian-bagian wajah.

Di bagian-bagian  inilah kamu  perlu mengaplikasikan alas bedak: di tengah dahi, sepanjang bagian atas garis alis, sepanjang batang hidung.

Pada bagian tulang pipi (untuk menemukannya, cobalah tersenyum). Pun pada bagian cupid’s bow (bagian di antara ujung hidung dan bagian atas bibir yang berbentuk melengkung seperti busur). Serta di tengah dagu.

5.Aplikasikan alas bedak warna gelap

Gunakan jari tangan atau kuas alas bedak. Tentunya, yang bersih untuk mengaplikasikan sapuan alas bedak berwarna lebih gelap pada bagian-bagian wajah yang secara alami membayang di bawah sinar matahari.

Untuk membantu kamu mengetahui bagian wajah mana saja yang membayang, berdirilah di ruangan yang terang dengan pencahayaan di atas dan perhatikan bagian-bagian wajah yang lebih gelap.

Di bagian-bagian inilah kamu perlu mengaplikasikan alas bedak berwarna gelap:

  • Pada sisi kanan dan kiri dahi, dekat garis rambut pada sisi lain.
  • Sepanjang sisi kanan dan kiri hidung.
  • Tepat di bawah garis rambut di bagian atas dahi.
  • Pada lesung pipi (untuk menemukannya, tarik pipi dengan gerakan mengisap ke arah dalam).
  • Sepanjang garis rahang di kedua sisi, dari telinga ke ujung dagu.

6.Baurkan riasan dengan baik

Gunakan jari tangan atau kuas alas bedak untuk membaurkan warna-warna agar tercipta penampilan yang alami. Perhatikan agar jangan terlalu jauh membaurkan warna-warna itu; warna-warna harus tetap melekat pada tempatnya.

Pastikan sisi-sisi pinggirnya berbaur dengan baik sehingga tidak ada batas yang menyolok antara alas bedak warna terang dan warna gelap.

Bagian 3

1.Pertimbangkan untuk menambahkan highlighter

Jika kamu menginginkan bagian-bagian yang terang lebih menonjol lagi, tambahkan produk highlighter untuk meningkatkan penampilan.

Highlighter krim agak berkilau, jadi bisa lebih menangkap cahaya daripada alas bedak biasa. Aplikasikan tepat pada tempat-tempat yang sama Anda mengaplikasikan alas bedak warna terang..

2.Pertimbangkan untuk mengaplikasikan perona pipi

Jika kamu merasa wajah tampak sedikit pucat tanpa sentuhan rona merah muda, aplikasikan sedikit perona pipi pada tulan pipi.

Pastikan untuk membaurkan perona tersebut dengan baik dengan riasan lain pada wajah.

3.Pertimbangkan untuk menggunakan setting powder (bedak tabur untuk membuat riasan tahan lama) yang tidak berkilau

Setting powder bermanfaat untuk digunakan jika produk yang kamu gunakan berbentuk krim.

Bedak jenis ini membantu menjaga riasan agar tetap kuat melekat dan memberikan hasil akhir yang halus. Gunakan kuas bedak yang bersih untuk menambah lapisan tipis setting powder di seluruh wajah.

4.Tambahkan kilauan untuk acara malam

Jika akan keluar rumah, kamu perlu menambahkan kilauan pada wajah.

5.Pilihlah bedak tabur berkilau

Tentunya tabur yang tipis dan aplikasikan sedikit saja pada wajah, dan fokuskan pada bagian-bagian wajah yang diberi highlighter. Aplikasikan pula sedikit pada leher dan dada.

6.Lakukan riasan mata dan bibir pada tahap akhir

Pastikan segala sesuatunya telah berbaur dan melekat sempurna sebelum kamu mengaplikasikan riasan mata dan bibir.

Wajah dengan kontur adalah penampilan yang tegas, jadi kamu perlu memilih antara riasan mata yang berat atau warna bibir yang terang, namun jangan keduanya.

Note!

  • Merias diri bukan semata-mata aturan wajib yang harus dilakukan, hal ini hanya sebagai bagian dari eksperimen dan ekspresi bersenang-senang dengan penampilan yang melengkapi bagian-bagian wajah.
  • Sejatinya, tujuan  riasan adalah melengkapi kecantikan alami Anda, bukan membuat wajah menjadi berbeda.

(ara/ EB)

Related Articles

Back to top button