fbpx
Kesehatan

3 Langkah Pertama Atasi Sesak Napas Saat Keadaan Darurat

ENERGIBANGSA.ID – Salah satu penyakit yang rawan diderita oleh siapa saja adalah sesak napas.

Seringkali kita sering kebingungan bagaimana mengatasi seseorang yang terindikasi penyakit sesak napas apabila kambuh sewaktu-waktu.

Terlebih, bila orang yang mengalami sesak napas juga memiliki riwayat penyakit tertentu, pastinya hal tersebut butuh penanganan ekstra.

Sesak napas bisa terjadi saat bagian-bagian tubuh yang sudah disebutkan di atas bekerja ekstra. Pasalnya, oksigen yang masuk ke tubuh berkurang.

Seperti rasa sakit lainnya, sesak napas merupakan sinyal pengingat tubuh soal kondisi medis yang tengah terjadi.

Kondisi kesulitan bernapas bisa terjadi tanpa ada gangguan pada paru-paru atau masalah lain.

Selain itu, sesak napas bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti stroke, gagal jantung, penyempitan jantung, distrofi muskular, obesitas, anemia, kelelahan, sampai serangan panik atau panic attack.

Kondisi sesak napas bisa dirasakan mulai dari level ringan sampai berat. Tanda-tanda sesak napas bisa dilihat seperti kulit pucat, berdebar, demam, pingsan.

Terlebih, sesak napas berat bisa timbul setelah adanya reaksi alergi dan hal itu adalah gawat darurat medis yang harus segera ditangani.

Sebenarnya, ada cara termudah yang bisa dilakukan apabila menemui seseorang atau mengatasi secara pribadi sesak napas yang sedang kambuh.

Cara ini bukan berarti dapat mengobati penyakit sesak napas, ya. Tetapi sebagai penanganan pertama saat kondisi sangat darurat.

1. Atur Pernapasan

Teknik pernapasan satu ini bisa dijadikan alternatif penanganan sesak napas yang mudah dan sederhana untuk dipraktikkan.

Cara ini bisa membantu memperlambat laju pernapasan. Sehingga, setiap napas bisa lebih dalam dan efektif.

Kamu cukup melakukan relaksasi otot leher dan bahu, tutup mulut saat menghirup, serta ambil napas pelan dari hidung dalam dua hitungan.

Kemudian, buang napas melalui celah bibir secara perlahan sampai hitungan empat detik.

2. Bersandar di Dinding

Kamu bisa lakukan cara ini dengan duduk di kursi, lalu telapak kaki menapak ke lantai, condongkan dada agak ke depan kemudian letakkan siku di lutut.

Namun, pastikan otot leher tetap santai. Posisi ini juga bisa dilakukan dengan bertumpu ke meja.

Istirahatkan lengan dan kepala di meja. Jangan lupa pakai bantal untuk kepala agar lebih nyaman.

3. Berbaring dengan Santai

Kamu bisa berbaring miring dengan bantal di antara kedua kaki, sementara kepala ditinggikan dengan bertumpu pada bantal, tapi usahakan punggung diluruskan. 

Jika sulit, kamu bisa berbaring telentang dengan kepala ditinggikan dengan bantal di bawah lutut.

Cara ini bisa membantu tubuh dan saluran udara jadi lebih rileks dan membuat pernapasan lebih mudah.

Apabila cara di atas tidak bisa kamu lakukan untuk mengatasi sesak napas, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button