Kabar IndonesiaPendidikanReview

3 Kampus NU Terbaik se-Indonesia

0

Kampus NU terbaik se-Indonesia versi LPTNU antara lain: Unusa Surabaya, Unisma Malang dan Unwahas Semarang

ENERGIBANGSA.ID (Semarang Raya) – Perguruan Tinggi (PT) di tengah arus global dituntut untuk terus berinovasi sekaligus meningkatkan kualitas agar mendapat kepercayaan serta pengakuan dari masyarakat. Bagi kampus Nahdlatul Ulama (NU), upaya peningkatan kualitas menjadi sangat penting melihat segmen pasar warga NU yang begitu besar.

Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dalam hal ini sebagai lembaga yang berhak memberikan kriteria dan penilaian pada perguruan tinggi di lingkungan NU. Penilaian tersebut didasarkan pada kriteria Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) serta Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Dengan adanya penjaminan itu calon mahasiswa dari kalangan NU tak lagi ragu memilih dan menentukan kampus yang pas untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Pada 2019, LPTNU memberikan nomimasi pada kampus yang ada di lingkungannya. Berdasarkan kriteria, terpilih tiga besar perguruan tinggi yang berhak mendapat penghargaan serta layak menyandang predikat kampus NU terbaik se-Indonesia.

1. Universitas NU Surabaya (Unusa)

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya atau disingkat UNUSA berdiri sejak 1979. Cikal bakal kampus yang saat ini berada di bawah Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (YARSIS) adalah Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) YARSIS yang berkembang menjadi Akademi Keperawatan YARSIS pada 1985. Jalan panjang menjadi universitas terpandang terus dilewati. Hingga melakukan sebuah lompatan besar, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya resmi berdiri pada 2013.

Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) Surabaya

Pada 2017, berdasarkan SK No 2740 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan peringkat akreditasi dengan nilai “B”. Kini, kampus yang beralamat di Jalan SMEA 57 Surabaya (kampus 1) dan Jalan Raya Jemursari Nomor 51-57 Surabaya memiliki enam fakultas antara lain: Fakultas Kesehatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Kedokteran. Bisa jadi, alasan kelengkapan fasilitas yang dimilikinya menjadikan UNUSA sebagai kampus terbaik versi LPTNU. Jangan ragu kuliah di UNUSA ya ?

2. Universitas Islam Malang (Unisma)

Satu dari banyaknya perguruan tinggi di NU di Jawa Timur yang tidak menggunakan label “NU” adalah Universitas Islam Malang (UNISMA). Awalnya, kampus “NU” di Malang itu berdiri di bawah Yayasan Sunan Giri pada 1981. Namun dalam perkembangannya, yaysan yang memayungi UNISMA adalah Yayasan Universitas Islam Malang.

Kampus Universitas Islam Malang (UNISMA)

UNISMA mempunya sedikitnya 10 fakultas serta program pascasarjana. Kesepuluh fakultasnya yakni: Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi serta Fakultas Kedokteran.

Adapun program pascarjana menawarkan sembilan konsentrasi, yakni: Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Hukum Keluarga Islam, Magister Hukum, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Kenotariatan, Magister Manajemen, Magister Ilmu Administrasi dan Magister Ilmu Peternakan. Sedangkan konsentrasi Program Doktoralnya yakni Pendidikan Agama Islam (Multikultur).

Oleh LPTNU, UNISMA dinobatkan kampus terbaik kedua di lingkungan NU. Pergurian Tinggi yang berlokasi di Jalan Mayjend Haryono 193 Malang tersebut sangat mudah dijangkau oleh siapapun, termasuk calon mahasiswa. Ayo, tentukan kampusmu mulai sekarang ….

3. Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas)

Nominasi kampus terbaik ke-3 ala NU tersebut diraih Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS). Kampus yang mempunyai bangunan utama beralamat di Jalan Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang tersebut pantas disebut “kampus plural” atau “multikultural”. Betapa tidak, mahasiswa yang kuliah disana tak selalu berlatarbelakang Muslim dan berhijab bagi mahasiswa perempuan. Justru, tak sedikit pula mahasiswa berbeda agama, ras dan suku, kuliah di kampus menteng (baca: menoreh tengah).

Berdiri pada 2000, UNWAHAS nampak terus berbenah dan tak mau ketinggalan kampus lainnya. Selain menggenjot pembangunan fisik serta meningkatkan kuantitas mahasiswanya, UNWAHAS juga terus berupaya meningkatkan kualitas yang dimilikinya. Dari aspek pembangunan, saat ini pula, UNWAHAS telah memiliki kampus 2 (Kedokteran) di Jalan RW Sugiarto Nomor 1 Pongangan Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang.

Dari sisi fakultas, UNWAHAS saat ini memiliki sembilan fakultas antara lain: Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Farmasi serta Fakultas Kedokteran.

Kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS)

Selain fakultas, UNWAHAS juga mempunyai dua program profesi, yakni Profesi Apoteker dan Profesi Dokter, dan juga Program Pascasarjana (Magister) dengan konsentrasi Pendidikan Agama Islam serta Hukum Ekonomi Islam. Tidak hanya itu, kampus yang saat ini memasuki usia 20 tahun juga mengembangkan Program Doktoral dengan Konsentrasi Islam Nusantara. So, jangan ragu lagi kuliah di kampus NU. Ingat, “kampus pas, ya UNWAHAS !” (dd/eb)

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

5 Tips Sukses Jualan Online

Previous article

Sambangi Peternak Arwana, Ganjar: Bagaimana ya, Kalau Digoreng?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.