fbpx
Daerah

3 Desa di Cilacap Diusulkan Jadi Kampung Proklim

ENERGIBANGSA.ID (Cilacap) — Sebanyak dua desa dan satu kelurahan di Kabupaten Cilacap diusulkan menjadi Kampung Proklim tingkat nasional.

Ketiga wilayah tersebut adalah Desa Mrenek di Kecamatan Maos, Desa Ujungalang di Kampung Laut, dan Kelurahan Kebonmanis di Cilacap utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Awaludin Muri, menyatakan. Setelah diusulkan, ketiga wilayah itu harus menjalani proses verifikasi oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dijelaskan, Kampung Proklim adalah program nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam rangka peningkatan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain, untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Baca Juga : Pengumuman, Yuk Waspada Angin Kencang di Jateng

“Sejak dilaksanakannya program proklim oleh KLHK ini pertama kalinya di Kabupaten Cilacap masuk dalam verifikasi proklim tingkat nasional,” beber Awaludin saat acara verifikasi Kampung Proklim, di Balai Desa Mrenek, Kamis (10/9/2020) lalu.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya, menyampaikan, desa dan kelurahan di Kabupaten Cilacap telah melakukan aksi adaptasi dan mitigasi pengendalian dampak perubahan iklim secara berkelanjutan.

Pada tahun ini, pihaknya menargetkan pembentukan 24 kampung proklim di Kabupaten Cilacap.

Tatto berharap dengan masuknya tiga wilayah dalam verifikasi tingkat nasional tersebut dapat ditiru dan dikembangkan oleh desa dan kelurahan lain.

Sehingga, permasalahan perubahan iklim ditangani  laksanakan melalui kerja bersama oleh semua pihak di semua lapisan.

“Proklim ini juga diharapkan meningkatkan sinergi dan kemitraan. Antara pemerintah daerah, pelaksana proklim, dan pendukung proklim untuk berinteraksi secara aktif”, kata Bupati.

“(Yakni) dengan bekerja bersama dan sama-sama bekerja dalam mengelola lingkungan dengan baik, maka lingkungan juga akan memberikan manfaat yang optimal bagi kehidupan masyarakat,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Cilacap menyerahkan bantuan kepada pemerintah Desa Mrenek berupa gerobak sampah dan motor pengelolaan sampah dari Pemkab Cilacap yang diterima langsung oleh Kepala Desa Mrenek. (jatengprov.go.id).

Related Articles

Back to top button