fbpx
Kabar IndonesiaNasional

21 Jam, Akhirnya Api Kejagung Padam Total

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Minggu sore api yang berkobar dan membakar gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan kurang lebih selama 21 jam sejak Sabtu sore (22/8) dinyatakan telah padam.

Sekitar pukul 17.30, terpantau mobil-mobil Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mulai meninggalkan gedung Kejaksaan Agung.

Kebakaran Kejagung

Mulat Wijiyanto, Humas Dinas Gulkarmat menyatakan proses pemadaman telah rampung sejak pukul 16.00. “sudah sekitar 50 menit yang lalu,” ucap Mulat saat dikonfirmasi tentang informasi tersebut, Minggu sore (23/8).

Kurang lebih 55 unit mobil pemadam dikerahkan untuk dapat berhasil menjinakkan api. Sedangkan sebanyak 230 petugas turut ikut turun membantu kebakaran tersebut.

Proses pemadaman yang memakan waktu cukup lama disebabkan karena gedung Kejagung yang besar dan terdapat sejumlah bahan plastik yang membuatnya mudah menjalar serta sulit dijinakkan si jago merah.

“Karena gedungnya besar dan juga ada bahan plastik. Yang mungkin tadi di depan itu lebih cepat mudah terbakar,” terang Komisaris Besar (Kombes) Pol Budi Sartono, Kepala Polisi Resor (Kapolres) Metro Jakarta Selatan, di depan Gedung Kejagung.

Namun demikian polisi masih belum mengetahui dengan pasti penyebab terbakarnya gedung Koprs Adhyaksa itu dan masih terus menyelidikinya.

Budi menjelaskan bahwa hal tersebut perlu dilakukan proses pemerikasaan lebih lanjut lagi untuk mengetahui penyebab kebakarannya.

Akses jalan kembali dibuka

Sementara itu berhasil padam nya api yang melahap gedung Kejagung membuat arus lalu lintas di depan gedung tersebut juga  kembali dibuka.

Sebelumnya arus lalu lintas di Jalan Sultan Hasanuddin Dalam no 1 arah Senanhyan menuju Blok M sempat di alihkan oleh petugas kepolisian.

Baru pada pukul 17.45 minggu sore arus lalu lintas di depan gedung Kejagung mulai kembali normal.

“Pengaturan lalu lintas dengan adanya kebakaran di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, sore hari ini mulai pukul 17.45 sudah dinyatakan clear. Maka untuk penyekatan-penyekatan arus dari segala penjuru, saya sebagai perwira yang bertanggung jawab disni. Menyarakan bisa dibuka kembali,” ucap Kompol Sugianto, Kepala Unit Lalu Lintas (Lantas) Polsek Setiabudi, Jakarta Selatan.

Gedung Kejaksaan Agung Sabtu sore (22/8) sempat terbakar. Api pertama kali mulai menyala sekitar pukul 19.10 WIB.  Dan merambat hingga ke gedung di bagian depan dekat dengan jalan raya. Dari informasi awal yang diterima, api muncul dari lantai enam Gedung utama tersebut.

Related Articles

Back to top button