fbpx
Otomotif

Duh, Ini Akibat Fatal Tangki Bahan Bakar Dibiarkan Hampir Kosong

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Berkendara merupakan kegiatan yang hampir pasti dilakukan oleh setiap orang dalam berkegiatan. Baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebab, memiliki kendaraan pribadi dianggap lebih nyaman dan efisien di Indonesia.

Di samping itu, banyak orang yang ternyata kurang merawat kendaraan pribadi miliknya. Entah karena kesibukan, malas, atau justru memang tidak tahu. Padahal perawatan kendaraan merupakan salah satu protokol keselamatan pengendara. Niatnya ingin nggak ribet, tapi malah bikin nggak selamet.

Ngomongin soal perawatan kendaraan bermotor, ternyata ada juga loh tips dan trik dalam merawatnya. Memang kita dihimbau untuk memeriksa kendaraan kita secara berkala. Akan tetapi banyak juga orang yang belum tahu secara detail cara merawat kendaraan.

potret tangki bensi pada mobil. (sumber: gridoto)

Salah satu sektor yang penting untuk dirawat adalah mesin. Nah, tahukah anda jika mengisi bahan bakar bermotor memiliki ‘pantangan’? Yup, mengisi bahan dengan volume yang sedikit, atau maksudnya bensin kurang dari setengah tangki bisa berakibat fatal.

Termasuk juga meninggalkan seperempat tangki habis atau justru membiarkannya nyaris habis. Semua itu berakibat buruk pada pompa bahan bakar.

“Jika persediaan bahan bakar di tangki sudah menipis, maka pompa bahan bakar tak bisa terendam seutuhnya, efeknya adalah pendinginan tidak berjalan dengan baik sehingga bisa membuat pompa bahan bakar cepat rusak,” jelas Andi Irwan, Kepala Bengkel Kia di Sunter, Jakarta Utara, dilansir tim energibangsa.id dari jib.co.id.

Selain itu, membiarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong bisa menghasilkan uap air saat mesin mobil bekerja.

Lalu saat mesin mobil dingin, uap air tersebut akan mengendap di dasar tangki bahan bakar kita, yang mana hal itu sangat tidak baik untuk keberlangsungan usia kendaraan kita.

Akhirnya, ketika semua itu terjadi dalam periode yang lama dan berulang, genangan air tersebut dapat menyebabkan tangki kendaraan bermotor menjadi berkarat. (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button