Kesehatan

12 Makanan Ampuh Pelancar BAB

ENERGIBANGSA.ID – Mengalami situasi susah buang air besar sangat tidak nyaman bagi perut dan jika berhari – hari tidak buang air besar akan mengganggu kesehatan pencernaan.

Salah satu faktor utama yang membuat kamu mengalami sembelit sehingga susah buang air besar adalah kurangnya mengkonsumsi makanan berserat. 

Hal tersebut dapat menghambat proses pergerakan dalam usus untuk mengeluarkan feses.

Lantas, apa saja makanan yang ampuh melancar BAB itu?

Yuk, kita simak di bawah ini!

Macam – Macam Makanan Pelancar BAB

Foto : Alodokter

Macam – macam makanan pelancar BAB dapat membantu melancarkan buang air besar kamu, sehingga sistem pencernaan kamu tetap sehat.

1. Sayur Bayam

Sudah tahu belum kalau sayur bayam adalah salah satu makanan pelancar BAB ?

Sayur bayam merupakan salah satu makanan pelancar BAB karena memiliki sumber serat yang baik.

Sayur bayam juga mengandung nutrisi yang yang untuk tubuh seperti zat besi, folat, kalsium, vitamin A, vitamin C dan vitamin K.

Dengan mengkonsumsi sayuran bayam setiap hari akan menambah massa  ke tinja saat makanan melewati sistem pencernaan, sehingga kamu dapat terhindar dari gangguan pencernaan.

2.    Pepaya

Buah pepaya memiliki sehat yang tinggi, vitamin C, dan juga mineral.

Buah pepaya juga memiliki kandungan papain yang dapat membantu protein yang ada di dalam usus lebih mudah tercerna dan melancarkan buang air besar.

3.  Plum

Buah plum yang memiliki warna yang menarik serta rasanya yang manis dan segar memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Plum kaya akan kandungan air dan juga serat yang tinggi dapat mengatasi sembelit.

4. Gandum

Dengan mengkonsumsi dua potong roti gandung kamu akan mendapatkan 3.7 gram serat dari roti gandum. 

Sejumlah studi mempercayai roti gandum sebagai makanan pelancar BAB yang membantu mengatasi masalah susah BAB.

5.  Kacang – Kacangan

Jenis kacang – kacangan yang direkomendasikan memiliki kandungan serat tinggi, yaitu Hazelnut, Almond, Pistachio.

Tapi bagi kamu yang alergi terhadap kacang kacangan kamu bisa menghindarinya ya.

6. Uji Jalar

Ternyata dibalik rasanya yang enak dan manis, uji jalar memiliki kandungan serat yang baik sebagai makanan pelancar BAB.

Kandungan serat yang terdapat dalam ubi jalar mampu mempermudah pergerakan di dalam usus dengan menyeimbangkan kadar air sehingga melancarkan BAB.

Foto : JD.ID

7.  Kiwi

Sebuah studi mengatakan, jika kamu mengkonsumsi dua buah kiwi setiap hari dalam sebulan, dapat membuat proses kinerja usus menjadi semakin membaik.

Buah kiwi tidak hanya baik untuk melancarkan sistem pencernaan, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti :

  • Mengatasi wasir;
  • Menurunkan kadar kolesterol tinggi;
  • Mengontrol kadar gula darah;
  • Mencegah penyakit jantung;
  • Mengatasi infeksi saluran pencernaan, dll.

8. Oatmeal

Tidak hanya dapat melancarkan BAB oatmeal juga memiliki manfaat lainnya seperti :

  • Membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan bertenaga;
  • Terasa kenyang lebih lama;
  • Membantu proses diet;
  • Membantu menurunkan kolesterol;
  • Mengontrol kadar gula dalam tubu, dll.

Kamu bisa mengkombinasikan oatmeal dengan berbagai variasi seperti irisan buah – buahan dengan madu, oatmeal dengan susu dll.

9. Jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C merupakan salah satu makanan yang dapat melancarkan BAB.

Buah yang memiliki kandungan serat, flavonol dan mineral yang tinggi dapat membantu proses pergerakan dalam usus untuk mengeluarkan feses. 

10. Pisang

Mengkonsumsi buah pisang setiap hari dipercaya dapat menyehatkan sistem pencernaan. 

Pisang sebagai makanan pelancar BAB yang memiliki kandungan serat mampu mengatasi masalah susah BAB dan juga mampu mencegah risiko terkenanya kanker usus.

11. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan pelancar yang menyehatkan dan juga sangat enak dan segar yang mengandung mikroorganisme yang biasa dikenal sebagai probiotik. 

Peranan probiotik di yoghurt sebagai bakteri baik yang dapat membantu melunakkan feses / tinja dan juga dapat meningkatkan kesehatan usus.

12. Apel

Kamu akan mendapatkan 5 – 6 gram serat utuh jika mengkonsumsi 1 buah apel tanpa dikupas kulitnya.

Sementara jika mengkonsumsi buah apel tanpa kulit kamu akan mendapatkan serat utuh sekira 3.3 gram.

Kandungan air yang tinggi pada apel dapat membuat volume serat apel menjadi lebih padat sehingga membuat proses pembentukan feses menjadi lebih cepat.

Wah, banyak juga ya jenis makanan yang bisa mendorong melancarkan pencernaan.

Ingat, hal utama yang penting untuk dilakukan adalah tidak kekurangan minum air putih dan melakukan aktivitas, ya!

Related Articles

Back to top button