Kesehatan

10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

SEMARANG, energibangsa.id – Jahe menjadi salah satu dari sekian banyaknya rempah-rempah yang kerap ditemui. Memiliki aroma yang khas, jahe terkenal dengan cita rasanya yang sedikit pedas. Selain biasa digunakan untuk menambah citarasa masakan, jahe juga kerap dijadikan bahan obat.

Memiliki nama ilmiah zingiber officinale, jahe juga memiliki manfaat sebagai minuman penghangat tubuh lho. Wedang ronde menjadi salah satu olahan minuman jahe yang kerap ditemui pada malam hari.

Rutin mengkonsumsi jahe bisa memberikan manfaat bagi kesehatan lho. Yuk simak

1. Anti penuaan

Jahe memiliki sifat yang anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang dapat mengendalikan proses penuaan. Jahe juga mempunyai potensi antimikroba yang bisa membantu dalam mengobati penyakit menular.

2. Membantu meredakan nyeri haid

Rasa nyeri yang muncul ketika haid dapat diminimalisir dengan rutin mengkonsumsi air jahe. Beberapa hasil penelitian mengungkapkan jika jahe dapat membantu mengurangi nyeri menstruasi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut dianjurkan untuk minum air jahe setidaknya empat gelas pada dua hari pertama menstruasi.

3. Meredakan sakit otot

Sebuah studi dari University of Georgia, Amerika Serikat menyatakan jika jahe memiliki efek sebagai anti peradangan yang juga bisa bermanfaat untuk mengurangi sakit otot.

4. Menurunkan glukosa darah hingga kolesterol

Dilansir dari jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health, rutin mengkonsumsi jahe juga dapat membantu untuk menurunkan glukosa darah secara signifikan. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat, trigserida, dan membantu tingkatkan HLD (lemak baik).

5. Bantu menurunkan berat badan

Sebuah riset yang dilakukan dengan 80 wanita yang memiliki obesitas memperlihatkan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin menjadi turun dengan rutin mengkonsumsi air jahe.

6. Memperkuat sistem imun

Memiliki banyak kandungan vitamin C dan magnesium membuat jahe dapat digunakan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Tak hanya itu, kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones di dalamnya juga bisa bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh lho.

7. Menangkal infeksi bakteri dan virus

Jahe dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat mencegah kerusakan DNA dan stres. Kandungan gingerol di dalam jahe juga dipercaya dapat menghambat infeksi bakteri seperti shigella, E.coli, dan lain-lain.

8. Meredakan morning sickness

Morning sickness yang kerap melanda ibu-ibu hamil seringkali membuat pusing. Sebuah riset yang dilakukan oleh Royal College of Obstetricians and Gynaecologists menunjukkan jika jahe bermanfaat untuk meredakan gejala morning sickness.

Namun disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu karena ada beberapa orang yang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jahe secara rutin.

9. Sebagai obat alami infeksi saluran kemih

Kandungan gingerol di dalam jahe ternyata juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih, selain itu gingerol juga mampu memperlambat proses penyebaran bakteri dalam ginjal.

10. Mengempiskan luka memar dan bengkak

Kandungan anti nyeri alamiah yang terkandung di dalamnya membuat banyak orang yang menggunakan minyak jahe untuk meredakan nyeri dan bengkak. Senyawa anti-inflamasi dan minyak volatile yang ada di dalamnya memiliki efek analgesic dan pereda nyeri.

Itulah 10 manfaat jahe yang beberapa diantaranya masih jarang diketahui oleh orang. Ternyata selain digunakan sebagai bumbu masakan dan minuman jahe memiliki segudang manfaat lainnya ya.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button