fbpx
Lewat ke baris perkakas
Wisata & Kuliner

10 Makanan Tradisional Khas Jawa yang Wajib Dicoba, Dijamin Ketagihan

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Kuliner khas Jawa turut menambah daftar kuliner tradisional Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisionalnya yang khas dan berbeda dengan daerah lainnya. Bagi sebagian orang khususnya  masyarakat asli Jawa, makanan tradisional tetap menjadi pilihan hingga saat ini karena rasanya yang khas.

Biasanya makanan tradisional Jawa dimasak menggunakan bahan dan bumbu-bumbu yang khas. Selain itu makanan tradisional Jawa juga memiliki cita rasa yang beragam. Dari daerah yang ada di pulau Jawa, ada beberapa jenis makanan tradisional yang sudah sangat terkenal dan tidak afdol rasanya jika belum pernah mencicipinya jika sedang bertandang ke daerah tersebut.

Berikut 10 makanan tradisional yang wajib untuk kamu coba.

1. Gudeg

Makanan tradisional ini dijadikan sebagai ikon wisata di Yogyakarta. Gudeg menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dicoba pada saat kamu pergi ke Yogyakarta. Terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dengan santan dan gula, gudeg biasa disajikan lengkap dengan sayur krecek, telur bacem, tahu, ayam kampung yang kemudian disiram dengan santan kental.

2. Getuk

Terbuat dari singkong, gethuk menjadi salah satu makanan khas Jawa yang juga kerap dijadikan camilan. Biasa disajikan dengan kelapa parut yang telah dikukus dan beberapa pedagang menambahkan taburan gula pasir maupun gula jawa yang telah dilelehkan, getuk akan semakin nikmat jika disantap di sore hari.

3. Getuk goreng

Sama-sama bernama getuk namun yang satu ini telah di goreng terlebih dahulu. Getuk goreng memiliki rasa yang manis dan gurih karena terdapat gula jawa didalamnya. Yang menjadi ciri khas dari getuk goreng adalah biasanya getuk goreng akan dikemas di besek dari anyaman bambu.

4. Oseng mercon

Oseng mercon merupakan makanan berbahan dasar tetelan daging sapi yang ditumis dengan bumbu pedas. Biasanya oseng mercon juga diberi campuran koyor ataupun lemak daging sapi. Kuliner satu ini berasal dari Yogyakarta juga loh.

5. Lumpia Semarang

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi lumpia. Terbuat dari bambu muda (rebung) yang telah dimasak dengan bumbu khusus dan dibungkus dengan kulit lumpia. Lumpia semarang memiliki dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

6. Mie lethek

Mie lethek memiliki warna kusam yang di dalam bahasa Jawa disebut ‘lethek’. Berbahan dasar dari tepung tapioka dan gaplek, mie ini juga biasa dimasak menggunakan anglo berbahan dasar bakar arang. Mie ini biasa ditemukan di daerah Bantul, Yogyakarta.

7. Jadah tempe bacem

Berasal dari Yogyakarta lagi, makanan tradisional ini dibuat dari beras ketan yang dimasak dengan parutan kelapa dan garam. Memiliki ciri khas warna yang putih dan berstruktur lembut.

Jadah biasa dinikmati bersama dengan tempe bacem sehingga pada saat memakannya akan muncul rasa gurih bercampur manis dari tempe bacem.

8. Nasi gandul

Makanan tradisional ini berasal dari Pati, Jawa Tengah. Biasa disajikan dengan daun pisang sebagai alas, rasa nasi yang ditawarkan sangatlah gurih berpadu dengan kuah segar serta lauk dari daging sapi yang sudah diolah. Dijamin nagih deh.

9. Nasi liwet

Di Solo selain serabi solo nya yang terkenal, juga ada nasi liwet yang tidak kalah populer. Dalam satu porsi nasi liwet biasanya akan dipadukan dengan sayur labu siam.

10. Rawon

Rawon menjadi salah satu kuliner wajib yang kamu coba ketika berada di Surabaya. Rawon dikenal memiliki warna kuah yang hitam, daging sapi yang empuk, serta kecambah mentah dan menghasilkan kesan renyah pada saat memakannya.

Untuk mengurangi rasa pekat dari rawon, biasanya pedang akan menyertakan telur asin bersama nasi hangat serta tempe goreng.

Jadi makanan tradisional mana saja yang sudah pernah kamu coba?

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button